SUATU KAJIAN TEORI DAN APLIKASI
RAHASIA MERAIH KONDISI SEHAT JASMANI DAN ROHANI (FITRAH)
PELATIHAN OLAH TENAGA DALAM
(POTD)
SATYA BUANA CABANG BENGKULU
2012
HUBUNGAN ANTARA TUJUH TITIK CHAKRA MAYOR, WARNA AURA DASAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP
SIFAT-SIFAT SESEORANG (DIPANTAU MENGGUNAKAN ALAT COMPUTERIZED MULTIMEDIA BIOFEEDBACK SYSTEM/CMBS)
No
|
TUJUH TITIK CHAKRA MAYOR DAN WARNA AURA DASAR DOMINAN
|
KARAKTER ATAU SIFAT-SIFAT FISIK DAN ROHANI DOMINAN
|
AREA TITIK
CHAKRA
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
CHAKRA DASAR (WARNA MERAH)
|
WARNA
AURA MENCERMINKAN SIFAT MUDAH EMOSIONAL, SUKA BERGUNJING, PROVOKATOR,
PENGHASUT, SAKIT BERAT, KESURUPAN,
JIWA SEDANG TERTEKAN, STRESS, TERGESA-GESA, PERHATIAN TERHADAP MATERI
BERLEBIHAN DAN KEBERANIAN
MENGAMBIL RESIKO.
|
TERLETAK DI SEKITAR TU-LANG EKOR.
|
2.
|
CHAKRA KUNDALINI /SEX
(WARNA JING-GA/ORANYE)
|
WARNA AURA MENCERMINKAN
PUSAT KREATIFITAS FISIK, SIFAT WARNA AURA YAKNI KETERTARIKAN TERHADAP PENAMPILAN DIRI
SENDIRI SECARA FISIK, SUKA
BERDANDAN/PESOLEK DAN SUKA MENJADI PUSAT PERHATIAN, SENANG BERGAUL DAN BERSIFAT HEDONISTIK (SUKA
BERSENANG-SENANG).
|
TERLETAK DI- SEKITAR DUA JARI BAWAH PUSAR.
|
3.
|
CHAKRA SOLAR FLEXUS (WARNA
KUNING)
|
SIFAT WARNA AURA YAKNI EGOISTIS DAN BERAMBISI, CITA-CITA YANG KUAT MENJADI
PENGUASA, ENERGIK DAN CERDIK, POTENSI STRESS
CUKUP TINGGI.
|
TERLETAK SE-KITAR DIATAS PUSAR DAN DIBAWAH DADA.
|
4.
|
CHAKRA JANTUNG (WARNA HIJAU)
|
MUNCULNYA
BENTUK GETARAN-GETARAN HALUS TERKAIT DENGAN SIFAT-SIFAT LEMAH LEMBUT, MUDAH
HIBA DAN PENGASIH, TAK SUKA KEKERASAN, EMPATI DAN KASIH SAYANG.
|
TERLETAK
DI-SEKITAR JANTUNG.
|
5.
|
CHAKRA TENGGORO-KAN (WARNA
BIRU)
|
SIFAT WARNA AURA SUKA DENGAN KEILMUAN DAN HAL YANG
BERSIFAT RASIONALITAS, PERTUMBUHAN DAN PROGRESIFITAS, SENANG MENCARI REALITAS
HAKIKAT DAN MAKNA HIDUP.
|
TERLETAK DI-SEKITAR TENGGOROKAN .
|
6.
|
CHAKRA AJNA
(WARNA NILA)
|
WARNA
AURA MENUNJUKKAN KEMAMPUAN MEMILIKI INTUISI TINGGI DAN SPIRITUALITAS YANG KUAT, LEBIH TERTARIK
DENGAN DUNIA DALAM (INNER COSMOS),
HAL-HAL GHAIB.
|
TERLETAK AN-TARA DUA MATA DIBA-WAH DAHI.
|
7.
|
CHAKRA MAKHKOTA (WARNA UNGU)
|
WARNA
AURA MENUNJUKKAN INTENSITAS SPIRITUALITAS TINGGI, PERHATIAN TERHADAP DUNIAWI
SANGAT RENDAH, TERTARIK PADA MEDITASI, TAFAKUR, BERDZIKIR, MENYENDIRI,
MENCARI HUBUNGAN DENGAN TUHAN, DAN SEGALA YANG BERKAITAN DENGAN HAL
SPIRITUAL.
|
TERLETAK DI-SEKITAR KE-PALA BAGIAN ATAS.
|
CATATAN: - CHAKRA ADALAH TITIK
PUSAT PUSARAN ENERGI DALAM TUBUH, JUMLAH
CHAKRA SELURUHNYA 365 TITIK CHAKRA, ADA
7 TITIK CHAKRA MAYOR (UTAMA) DAN 11 CHAKRA MINOR (CHAKRA
CABANG).
- ALAT
FOTOGRAFI AURA INI DITEMUKAN OLEH ”FISSLINGER
(JERMAN) TAHUN 1998”,
PENINGKATAN DARI ALAT FOTOGRAFI KIRLIAN YANG DITEMUKAN OLEH ”SEYMON KIRLIAN (RUSIA) TAHUN 1939”.
-
SUMBER: AGUS MUSTAFA DALAM BUKU ”DZIKIR TAUHID”, SERIAL DISKUSI TASSAWUF
MODERN, 2006.
HUBUNGAN ANTARA WARNA AURA
DASAR DOMINAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP
KONDISI FISIK DAN ROHANI SESEORANG (DIPANTAU MENGGUNAKAN ALAT COMPUTERIZED MULTIMEDIA BIOFEEDBACK
SYSTEM/CMBS)
No
|
WARNA AURA DASAR
DOMINAN
|
KONDISI FISIK DAN ROHANI DOMINAN
|
KETERANGAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
WARNA MERAH
|
WARNA
AURA SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA ORANG YANG SEDANG EMOSIONAL, JIWA
SEDANG TERTEKAN ATAU BERMASALAH, SEDANG GONCANG JIWANYA, SEDANG TERGESA-GESA, SEDANG GILA MATERI
BERLE-BIHAN, TERLALU PERCAYA DIRI DAN
SOMBONG, SEDANG MENGA-LAMI FLU BERAT ATAU PENYAKIT BERAT LAINNYA.
|
DENGAN
BER-DZIKIR KHUSUK, IKHLAS WAR-NA AURA AKAN BEROBAH KE ARAH ORANYE, KU-NING,
HIJAU, BIRU, NILA, UNGU DAN AKHIRNYA BESEMU PUTIH.
|
2.
|
MERAH AGAK JINGGA SAMPAI KUNING KE-EMASAN
|
WARNA AURA SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA ORANG
YANG PENUH SEMANGAT, VITALITAS DAN
KREATIFITAS TINGGI, AMBISIUS, SEDIKIT MELEDAK-LEDAK, CITA-CITA KUAT MENJADI
ORANG SUKSES, PROFESSIONAL DAN TERGOLONG MEMILIKI EGO TINGGI SEJALAN DENGAN KEMAMPUAN MEMIMPIN DALAM
KETEGASAN-NYA.
|
DENGAN BERDZIKIR IKHLAS/KHUSUK/ EFEK-TIF AURA AKAN BER-GERAK
KE ARAH JINGGA, KUNING, HIJAU, BIRU, NILA, UNGGU BAHKAN MENGARAH PUTIH (PENGUSAHA, SALESMEN, KARYAWAN MULTIMEDIA). BILA IA TIDAK
MAMPU BER-DZIKIR EFEKTIF WARNA AURA PALING TINGGI JINGGA DAN KUNING.
|
3.
|
WARNA WARNI
|
WARNA AURA SEPERTI INI TIDAK ADA YANG DOMINAN SEMUA WARNA DALAM KONDISI BERIMBANG.
|
WARNA AURA SEPERTI INI SERING DITEMU-KAN PADA
ANAK-ANAK.
|
4.
|
WARNA
MERAH MENUJU UNGU
|
ORANG
YANG MEMILIKI WARNA DASAR AURA MERAH DALAM KONDISI TIDUR WARNA AURA-NYA BERUBAH MENUJU UNGU DAN TERNYATA ORANG
KESURUPAN WARNA AURANYA MENUJU UNGU.
|
WARNA
AURA UNGU DITEMUKAN JUGA PADA ORANG YANG DALAM KONDISI RILEKS JIWA DAN
RAGANYA.
|
5.
|
WARNA
BIRU MENGARAH KE UNGU
|
WARNA
AURA SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA ORANG YANG SUKA MENELITI, MENEKUNI DAN KONSENTRASI
BIDANG KEILMUAN, MENYENANGI HAL-HAL
BERSIFAT RASIONALITAS, FOKUS TERHADAP
PROGRESIFITAS, SENANG MENCARI
REALITAS HAKIKAT DAN MAKNA HIDUP.
|
WARNA
AURA SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA SENIMAN DAN PARA
ILMUAN. DENGAN BER-DZIKIR KHUSUK, IKHLAS WARNA AURA
BEROBAH KEARAH UNGU
DAN
AKHIRNYA KEPUTIH -PUTIHAN .
|
6.
|
WARNA NILA
|
WARNA
AURA SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA ORANG YANG MEMILIKI INTUISI DAN SPIRITUALITAS YANG KUAT,
SELALU TERTARIK DENGAN DUNIA DALAM
(INNER COSMOS) DAN HAL-HAL GHAIB.
|
JIKA
ORANG SEPERTI INI MAMPU BER-DZIKIR EFFISIEN,
KHUSUK, IKHLAS WARNA AURA BEROBAH KE-ARAH UNGU KEPUTIHAN DAN AKHIRNYA MENGA-RAH KE PUTIH.
|
7.
|
WARNA UNGU
|
WARNA
AURA SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA ORANG YANG INTENSITAS SPIRITUAL-NYA TINGGI, PERHATIAN TERHADAP DUNIAWI SANGAT
KECIL, SUKA MELAKUKAN MEDITASI,
TAFAKUR, BERDZIKIR, MENYENDIRI, SELALU MENCARI HUBUNGAN DENGAN TUHAN, DAN
SEGALA YANG BERKAITAN DENGAN SPIRITUAL.
|
JIKA
ORANG SEPERTI INI MAMPU MEMPERTA-HANKAN
DAN MENING- KATKAN KONDISINYA DENGAN BER-DZIKIR EFFISIEN, KHUSUK, IKHLAS
WARNA AURA BEROBAH KEARAH UNGU DAN AKHIRNYA
PUTIH CERAH.
|
8.
|
WARNA
PUTIH
|
WARNA
AURA SEPERTI INI SEBENARNYA TIDAK
LEBIH TINGGI FREKUENSINYA DARI WARNA UNGU, AKAN TETAPI MERUPAKAN PENGGABUNGAN
DARI SELURUH WARNA MENJADI SATU, KARENA TERJADINYA HARMONISASI SELURUH GELOMBANG
WARNA PADA FREQUENSI TINGGI YANG MENYEBABKAN KONDISI ENERGI KITA DALAM
KEADAAN SERASI DAN SEIMBANG (HOMEOSTATIS).
WARNA
AURA SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA
ORANG YANG RAJIN BERIBADAH, BERDZIKIR,
BERTAFAKUR, BERDO’A DENGAN IKHLAS, SABAR
DAN KHUSUK, SENANG BERBUAT KEBAJIKAN,
MERENUNG DAN MENCARI HUBUNGAN
DENGAN TUHAN (TAQARRUB), DAN SEGALA YANG BERKAITAN DENGAN SPIRITUALI-TAS.
WARNA SEPERTI INI BISA MENGARAH KEPADA PUTIH JERNIH NAMUN SANGAT JARANG.
|
WARNA
AURA PUTIH INI JIKA DIBARENGI DENGAN KEPASRAHAN TOTALITAS KEPADA ALLAH SANG
PENCIPTA AKAN MENUNJUKKAN KONDISI FISIK DAN KEJIWAAN YANG TEN-TRAM, DAMAI SELARAS,
SERASI, SEIMBANG DAN HARMONIS YANG MEMI-LIKI FREKUENSI GELOM-BANG ENERGI
SANGAT HALUS, LEMBUT DAN TINGGI HINGGA
TAK TERBATAS.
|
CATATAN :
SUMBER: - AURA ADALAH PANCARAN ENERGI YANG MEMBIAS
DARI PUSAT PUSAT ENERGI DARI DALAM
TUBUH.
- AGUS
MUSTAFA DALAM BUKU “DZIKIR TAUHID”,
SERIAL DISKUSI TASSAWUF MODERN, 2006.
HUBUNGAN ANTARA TUJUH TITIK CHAKRA MAYOR, PRODUKSI KELENJAR HORMONAL DALAM TUBUH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KONDISI
FISIK SERTA PSICHOLOGIS SESEORANG
No
|
TUJUH TITIK CHAKRA
MAYOR DAN WARNA AURA DASAR DOMINAN
|
JENIS KELENJAR YANG
DIPRODUKSI
|
KONDISI FISIK, PSICHOLOGIS DAN SUASANA BATHINIAH
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
CHAKRA
DASAR (WARNA MERAH)
|
||
2.
|
CHAKRA KUNDA-LINI /SEX (WARNA JINGGA /ORANYE)
|
MEPRODUKSI KE-LENJAR DAN HOR-MON REPRODUKSI
|
AKTIFNYA CHAKRA SEKS AKAN MENYEBABKAN MENONJOLNYA
SIFAT-SIFAT SUKA DENGAN KEINDAHAN FISIK BAIK DIRINYA MAUPUN DENGAN LAWAN
JENIS, PESOLEK DAN SELALU INGIN MENJADI PUSAT PERHATIAN DAN SUKA DIPUJI SERTA
SUKA BERSENANG-SENANG ATAU BER-FOYA-FOYA.
|
3.
|
CHAKRA SOLAR FLEXUS (WARNA KUNING)
|
- MENGHASIL- KAN DUA
KELENJAR ENDOKTRIN YA-ITU : ADRENAL DAN
PANKREAS.
- KELENJAR ADRE-NAL MELEPAS HORMON ADRE-NELIN DAN EPI-NEFRIN.
- KELENJAR PAN-KREAS MENGHA-SILKAN HORMON
INSULIN.
|
- KEDUA HORMON INI
SANGAT BERKAITAN DENGAN ENERGI DAN AMBISI.
- HORMON INSULIN
SEBAGAI PEMASOK ENERGI, KARENA
MENGENDALIKAN KADAR GULA DALAM DARAH,
GULA SEBAGAI BAHAN BAKU ENERGI DALAM TUBUH.
- HORMON ADRENALIN
SEBAGAI PENGATUR DAYA TAHAN TUBUH DAN MEKANISME STRESS.
- HORMON EPINEFRIN JIKA DIPICU OLEH KONDISI NERVOUS DAN STRESS, MAKA ORANG AKAN BERKERINGAT DINGIN, GEMETARAN, BESER, ATAU MARAH TIDAK TERKONTROL.
|
4.
|
CHAKRA JANTUNG (WARNA HIJAU)
|
||
5.
|
CHAKRA TENGGO-ROKAN (WARNA BIRU)
|
||
6.
|
CHAKRA AJNA
(WARNA NILA)
|
||
7.
|
CHAKRA MAKHKO-TA (WARNA UNGU)
|
KELENJAR
PINEAL, MENGHASILKAN HORMON MELATO-NIN.
|
- BERFUNGSI MENGATUR KONDISI SADAR DAN TIDAK
SADAR SESEORANG, JIKA HORMON DILEPAS
KESELURUH TUBUH SESEORANG AKAN MENGALAMI RASA TENANG, MENGANTUK DAN
TERTIDUR. KELENJAR PINEAL MENGHASILKAN HORMON MELATONIN BERTANGGUNG JAWAB MUNCULNYA
MEKANISME SPIRITUAL SEHINGGA DIASSUM-SIKAN
DIBALIK INILAH TER-LETAK
PUSAT PERGERAKAN JIWA.
- ORANG MENGANTUK DAN BERPROSES MENUJU TIDUR
MENGALAMI SITUASI TENTRAM, RILEKS YANG DALAM, FREKUENSI OTAKNYA BERGETAR ANTARA 8 - 13 HZ DISEBUT
WILAYAH GELOMBANG ALFA, KESADARAN DUNIA LUAR MENURUN, KEMUDIAN CENDE-RUNG
MEMASUKI DUNIA DALAM DIRINYA SENDIRI (INNER
COSMOS) DENGAN AURA BERWARNA UNGU.
|
CATATAN :
SUMBER: AGUS MUSTAFA DALAM BUKU “DZIKIR TAUHID”, SERIAL DISKUSI TASSAWUF MODERN, 2006.
HUBUNGAN
ANTARA OPERATING SYSTEM (FREQUENSI GETARAN) OTAK SYSTEM CLOCK (FREQUENSI
PEMBAWA) DAN CONTENT (FREQUENSI
ISI INFORMASI), PENGARUHNYA TERHADAP
KONDISI FISIK SERTA PSICHOLOGIS SESEORANG (DIPANTAU MENGGUNAKAN ALAT ELECTROENCEPHALOGRAPH/EEG)
LAJU FREQUENSI GETARAN OTAK (CLOCK)
|
FREQUENSI GETARAN
JIWA (TYPE/CONTENT)
|
PEMAHAMAN KONDISI FISIK, PSICHOLOGIS DAN SUASANA BATHINIAH
|
2
|
3
|
4
|
FREQUENSI GETARAN OTAK
40 - 200 HZ
|
KONDISI ALAM
GAMA
|
KONDISI
OTAK YANG SADAR, BAIK DALAM KONDISI TERJAGA ATAU TIDUR YANG DISERTAI MIMPI,
BARU DITEMUKAN DIDALAM “HYPOKAMPUS”,
CERAPAN YANG DAPAT DIIKAT ATAU DIPAHAMI “(PERCEPTUAL
BINDING)”, FUNGSI BELUM DITEMUKAN.
|
FREQUENSI GETARAN OTAK
13,9 - 40 HZ
|
KONDISI ALAM BETA (Kognitif, Analitis, Logika, Otak
Kiri, Konsen-trasi, Pemilahan, Prasangka, Pikiran Sadar, Aktif, Cemas,
Was-was, Khawatir, Stress, Faight or Flaight, Disease, Cortisol, Norepinephrine).
|
PADA ORANG DEWASA, KERJA MENTAL TERKONSENTRASI, ORANG
BERADA DALAM KONDISI TERJAGA/KESADARAN PENUH DAN DIDOMINASI OLEH LOGIKA, OTAK
KIRI SEDANG AKTIF BERFIKIR, KONSENTRASI DLL. SEHINGGA GELOMBANG OTAK
MENINGGI, BERAKTIFITAS PENUH SEMANGAT,
PANCA INDRA BEKERJA MAKSIMAL,
PERHATIAN LEBIH KEPADA HAL-HAL YANG BISA DITANGKAP OLEH PANCA INDRA ”(KESADARAN INDRAWI)”, KONSENTRASI
LEBIH BANYAK KE ”OUTER COSMOS”
(DUNIA LUAR DIRI).
PADA KONDISI INI OTAK DIRANGSANG MENGELUARKAN ”HORMON KORTISOL DAN NOREFINEFRIN” PENYEBAB DARI RASA CEMAS,
KHAWATIR, MARAH DAN STRESS, AKIBATNYA PENYAKIT MUDAH DATANG JIKA TERLALU
AKTIF DIGELOMBANG INI.
KONDISI SEPERTI INI TIDAK AKAN MENGANTARKAN ORANG ”NGE-MATCH (TUNE IN/SELARAS)” DENGAN
ALAM SEMESTA MELAIKAN TERJEBAK DALAM
KONDISI DILUAR ”SERVICE AREA”, IA
TERKUNGKUNG DIDALAM ”EGO-NYA”,
KESADARAN BERSIFAT INDIVIDUAL,
MENYADARI LINGKUNGANNYA HANYA SEBATAS KESADARAN BERSIFAT FISIK. DALAM AL-QUR’AN DISEBUT LEBIH TERTARIK
KEPADA DUNIA DARI PADA AKHERAT,
SEHINGGA JAUH DARI TUHAN .
|
FREQUENSI GETARAN OTAK 8 -13,9
HZ
|
KONDISI ALAM
ALFA (Khusyuk, Relaksasi, Medita-tif, Focus-alertness, Super-learning,
Akses nurani bawah-sadar, Ikhlas, Nyaman, Tenang, Santai, Istirahat, puas, Segar, Baha gia,
Endorphine, Serotonin).
|
PADA ORANG
DEWASA, DAN ANAK-ANAK USIA 7-14 TAHUN, PADA KONDISI INILAH TERLETAK ”TOMBOL IKHLAS”, KEADAAN ”RELAXED
ALERNESS”, KONDISI JIWANYA LEBIH TENANG, SABAR, DITEMUKAN PADA ORANG YANG SERING
KONSENTRASI/RILEKS/ TAFAKUR/MERENUNG /MENCARI JATI DIRI/MELAMUN ATAU
BERKHAYAL. KONDISI INI PINTU MASUK MENUJU KE PIKIRAN BAWAH SADAR, OTAK AKAN
BEKERJA LEBIH OPTIMAL, SESEORANG MULAI
MEMASUKI ALAM ”INNER COCMOS” (DUNIA
DALAM DIRI), TIDAK LAGI TERLALU BERGANTUNG KEPADA KESADARAN INDRAWINYA,
MESKIPUN INDRAWINYA MASIH TETAP AKTIF.
DALAM KONDISI
GELOMBANG INI OTAK MEMPRODUKSI ”HORMON
SERETONIN DAN ENDORFIN” YANG MENYEBABKAN RASA NYAMAN, TENANG, BAHAGIA,
IMUNITAS TUBUH MENINGKAT, PEMBULUH DARAH TERBUKA LEBAR, DETAK JANTUNG STABIL,
DAN KAPASITAS INDRA MENINGKAT, PADA KONDISI TOMBOL IKHLAS INILAH MEMUDAHKAN
KITA MENCIPTAKAN RASA IKHLAS SEJATI DI HATI DAN MEMBUKA AKSES MENUJU ”REALITA KUANTUM”.
SESEORANG MULAI
MENGAKTIFKAN RASIONALITAS SECARA LEBIH ”HOLISTIK”
DAN KONDISI SEPERTI INI DISEBUT ”KESADARAN
RASIONALITAS ATAU KEASADARAN ILMIAH”,
IA BISA MENG-EKSPLOERASI ALAM SEMESTA DALAM DIRINYA LEBIH INTENSIF.
KONDISI SEPERTI
INI SERING DITEMUKAN PADA PARA ILMUAN, SENIMAN, ORANG BERMEDITASI, AHLI
DZIKIR DAN SHOLAT KLHUSUK, ORANG
SEDANG BERPROSES MENUJU TIDUR.
|
FREQUENSI GETARAN OTAK
4 – 7,9 HZ
|
KONDISI ALAM
THETA (Sangat Khusyuk, Deep-meditation, Pro blem-solving, Mim pi,
Intuisi, Nurani bawah sadar, Ikhlas, Kreatif, Itegratif, Hening, Imajinatif,
Cate cholamines, AVP /Arginine
veso
pressin).
|
KONDISI TIDUR DISERTAI MIMPI, DITEMUKAN JUGA PADA ANAK-ANAK USIA 3-6 TAHUN, IMFORMASI
SECARA BERKALA DIKIRIM DARI SUATU AREA KE AREA LAIN, DARI ”HYPOKAMPUS”
KETEMPAT LAIN YANG LEBIH PERMANEN DI ”CORTEX”.
PIKIRAN MENJADI SANGAT KREATIF DAN INSPIRATIF, KONDISI
KHUSYU’, RELAKS YG DALAM, IKHLAS,
PIKIRAN SANGAT HENING, INDRA KE ENAM ATAU INTUISI MUNCUL, HAL INI KARENA OTAK
MEMPRODUKSI ”HORMON MELATONIN,
CATECHOLAMINE DAN AVP
(ARGININE
VASOPRESSIN)”. DI GELOMBANG INI AKSES MENUJU KE REALITAS KUANTUM AKAN SEMAKIN NYATA.
ANTARA ALAM AFA MENUJU
WILAYAH THETA BERADA DIWILAYAH SANGAT RAWAN, KARENA BERADA DI ANTARA
SADAR DAN TIDAK SADAR, KONDISI KEASADARANNYA
MULAI HILANG SAMPAI TERTIDUR.
DALAM KONDISI SEPERTI INI ORANG BISA DIPENGARUHI OLEH HIPNOTISME
ATAU KERASUKAN MAKHLUK GHAIB. ALAM
BAWAH SADARNYA BERPERAN LEBIH DOMINAN DARI KONDISI SADAR, PROSES ”TERAPHY
TENAGA DALAM ATAU HYPNOTERPHY”, KONDISI SEPERTI INI
SANGAT IDEAL UNTUK PERCEPATAN PENYELESAIAN PENYAKIT SESEORANG.
TERNYATA KONDISI PERALIHAN ANTARA ALAM ALFA KE THETA
ADALAH KONDISI IDEAL UNTUK BERDZIKIR ATAU SHOLAT KHUSUK. KARENA PADA KONDISI INI SESEORANG
MULAI TERLEPAS DARI KETERKUNGKUNGAN PANCA INDRA, DAN MEMASUKI WILAYAH
KESADARAN UNIVERSAL.
PADA KONDISI SEPERTI INI SESEORANG MEMASUKI
GETARAN FREKUENSI ISI INFORMASI
KUALITAS JIWA ”(CONTENT)” MENGHASILKAN SINYAL-SINYAL INFORMASI YANG MAMPU
DIKIRIMKAN KESEGALA DIMENSI ALAM, JIKA
IA MAMPU MEMPERTAHANKAN KEDUA KESADA-RANNYA ATAU DISEBUT JUGA ”TIDUR YANG TERJAGA”.
KONDISI RELAKSASI YANG DALAM DIBARENGI BER-DZIKIR
KEPADA ALLAH, MAKA IA TELAH MEMASUKI JARINGAN UNIVERSAL YAITU SEBUAH SYSTEM
INFORMASI CANGGIH BEBAS HAMBATAN BAIK HAMBATAN DIMENSI WAKTU, RUANG, JARAK
DAN ENERGI, MAKA FREKUENSI GETARAN JIWANYA AKAN SANGAT LELUASA ”TUNE IN (NGE-MATCH)” DENGAN ALAM
SEMESTA DI BERBAGAI DIMENSI.
|
FREQUENSI GETARAN OTAK
0,1 - 3,9 HZ
|
KONDISI ALAM DELTA
(Tidur lelap/tanpa mimpi, Non-physical
state,
Nurani bawah-sadar kolektif, Tidak ada pikiran dan perasaan, Celluler
regene ration, HGH/ Human Growth
Hormone)
|
KONDISI TIDUR NYENYAK/PULAS TANPA MIMPI, TIDAK SADAR,
TAK BISA MERASAKAN BADAN, TIDAK BERFIKIR,
PINGSAN ATAU KOMA, MATI SURI, KONDISI OTAK TIDAK MELAKUKAN APA-APA, PROSES
KESARAN INDRAWI SESEORANG LENYAP SAMA SEKALI, DIRI-NYA SEPENUHNYA
DIKENDALIKAN OLEH ALAM BAWAH SADAR, FREQUENSI GETARAN OTAK SEPERTI INI SERING
DITEMUKAN JUGA PADA OTAK BAYI.
PADA GELOMBANG INI OTAK MEMPRODUKSI ”HORMON HGH (HUMAN
GROWTH HORMONE/HORMON PERTUM-BUHAN)” YANG BISA MEMBUAT ORANG AWET MUDA. BILA SESORANG TIDUR DALAM KEADAAN DELTA
STABIL BEBERAPA MENIT DIA AKAN BANGUN DENAGN TUBUH TETAP SEGAR.
|
CATATAN : - ”CLOCK (FREQUENSI PEMBAWA)” ADALAH SUATU KONDISI
FREQUENSI GRLOMBANG OTAK YANG MAMPU SELARAS DENGAN GELOMBANG FREKUENSI DAN
SYSTEM INFORMASI ALAM SEMESTA, SEHINGGA
AKAN MENGHANTARKAN SESEORANG UNTUK MAMPU
BERKOMUNIKASI DENGAN ALLAH.
- ”CONTENT (FREQUENSI ISI INFORMASI)” ADALAH SUATU KEADAAN DIMANA KUALITAS FREQUENSI
GETARAN JIWA SESEORANG MAMPU SELARAS DENGAN SYSTEM IMFORMASI ALAM SEMESTA, SEHINGGA AKAN MEMPERMUDAH IA MENANGKAP
SINYA-SINYAL ALAM SEMESTA YANG AKAN MENGHANTARKAN SESEORANG MAMPU DENGAN MUDAH BERKOMINKASI
DENGAN ALLAH.
- KEDUA
KONDISI INI AKAN MENGHANTAR SESORANG MEMASUKI ALAM INNER COSMOS YANG MEMILIKI
JIWA YANG LEMBUT, KONTEMPELATIF DAN TRANSENDEN, DENGAN FREQUENSI AURA YANG
MENINGGI MENGARAH KE UNGU MALAH PUTIH CEMERLANG (AURA PARA NABI DAN ORANG-ORANG
SHOLEH).
- SUMBER:
EBE SENTANU DALAM BUKU ”QUANTUM IKLAS, TEKNOLOGI
AKTIVITAS KEKUATAN HATI (THE POWER OF
POSITIVE FEELING)”, 2007 DAN ABU SANGKAN DALAM BUKU ”MENGHIDUPKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL
BERGURU KEPADA ALLAH, 2007.”
HUBUNGAN ANTARA KEJERNIHAN
WARNA AURA DOMINAN
(AURA
BRIGHTNESS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KONDISI FISIK DAN ROHANI SESEORANG
(DIPANTAU MENGGUNAKAN ALAT COMPUTERIZED
MULTIMEDIA BIOFEEDBACK SYSTEM/CMBS)
No
|
WARNA AURA DASAR
DOMINAN
|
KONDISI FISIK DAN ROHANI DOMINAN
|
KETERANGAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
WARNA MERAH
|
WARNA
AURA MERAH GELAP DITEMUKAN PADA ORANG YANG EMOSIONAL TINGGI DAN MENGGEBU-GEBU, SEDANG
STRESS ATAU MENGALAMI GONCANGAN JIWA, SEDANG TERGESA-GESA, SEDANG GILA MATERI
BERLEBI-HAN, TERLALU PERCAYA DIRI DAN
SOMBONG, ORANG PENDENDAM, SERAKAH, PENGHASUT, PROVOKA-TOR, DUKUN ILMU
HITAM.
SEBALIKNYA
WARNA MERAH CERAH BISA BERMAKNA KEKUATAN, KEGEMBIRAAN, KEBERANIAN,
KERAMAHTAMAHAN, CINTA MURNI SEPERTI
WARNA MERAH MUDA.
|
DENGAN
JALAN BER-TOBAT DIBARENGI DENGAN BER-DZIKIR KHUSUK, IKHLAS WAR-NA AURA AKAN BEROBAH KE-ARAH MERAH CERAH, JINGGA CERAH,
KUNING CERAH, ORANYE CERAH, KU-NING CERAH, HIJAU CERAH, BIRU CERAH, NILA
CERAH, UNGU CERAH DAN AKHIRNYA BESEMU PUTIH.
|
2.
|
JINGGA
|
WARNA AURA JINGGA GELAP BERMAKNA KURANG BAIK KARENA
MENUNJUKKAN SIFAT KETIDAK MAMPUAN MENGENDALIKAN EMOSI, SUKA MEMANJAKAN DIRI
SECARA BERLEBIHAN. SEBALIKNYA JINGGA
CERAH DAN JERNIH, MENUNJUKKAN SUKA
KERAPIAN, MEMILIKI JIWA SOSIAL DAN TERBUKA.
|
DENGAN BERDZIKIR IKHLAS/KHUSUK/EFEK-TIF AURA BERGERAK KE ARAH JINGGA CERAH, KUNING CERAH, HIJAU CERAH,
BIRU CERAH, NILA CERAH, UNGGU CERAH BAHKAN
MENGARAH PUTIH.
|
3.
|
KUNING
|
WARNA AURA KUNING GELAP MENGGAMBARKAN SIFAT KETIDAK
JUJURAN, AKAL DAN KECER-DIKANNYA MENGARAH KEPADA TIPU MUSKLIHAT. KUNING KERUH DAN KABUR MENUNJUKKAN SIKAP
KEMALASAN.
SEBALIKNYA KUNING CERAH DAN JERNIH MENUNJUKKAN
SIFAT-SIFAT INTELEKTUALITAS DAN PENUH PERTIMBANGAN, BAHKAN KUNING YANG SANGAT
TERANG DAN JERNIH MENUNJUKKAN SIFAT YANG MENGARAH PADA LOGIKA SPIRITUAL YANG
BAGUS.
|
DENGAN BERDZIKIR IKHLAS/KHUSUK/ EFEK-TIF AURA KUNING GELAP BERGERAK
KE ARAH KUNING CERAH, HIJAU CERAH, BIRU CERAH, NILA CERAH, UNGGU CERAH BAHKAN MENGARAH PUTIH
|
4.
|
WARNA
HIJAU
|
ORANG
YANG MEMILIKI WARNA AURA HIJAU GELAP MENUNJUKKAN
SIFAT PENUH DENGAN KECUMBURUAN BUTA, JIKA HIJAU KERUH MENUNJUKKAN SIFAT IRI,
DENGKI, TIDAK JUJUR, DAN PENGHKHIANAT.
JIKA
AURA BERWARNA HIJAU CERAH DAN JERNIH MENUNJUKKAN SIFAT KASIH SAYANG DAN BELAS
KASIH YANG TINGGI, HUMANISTIK, DAN PENUH DENGAN SIMPATIK KEPADA ORANG LAIN
SERTA SIFAT LEMAH LEMBUT LAINNYA.
JIKA
BER-WARNA HIJAU KEABU-ABUAN MEMILIKI SIFAT SUKA BERKHAYAL ATAU SEDANG DALAM
SUASANA DEPRESSI MENTAL.
|
DENGAN
MELAKUKAN DZIKIR IKHLAS/KHUSUK /EFEKTIF
AURA HIJAU GELAP BERGERAK
KE ARAH HIJAU CERAH, BIRU CERAH, NILA CERAH, UNGGU CERAH BAHKAN MENGARAH KEPUTIHAN.
|
6.
|
WARNA
BIRU
|
WARNA
AURA BIRU GELAP DAN KUSAM TERDAPAT PADA ORANG YANG SEDANG MENGALAMI PENYESALAN YANG MENDALAM BAHKAN MENDEKATI PUTUS ASA.
SEBALIKNYA
WARNA BIRU CERAH MENUNJUKKAN SIFAT KESETIAAN, PENGABDIAN, IMAJINASI,
IDEA-LISME.
|
WARNA
AURA BIRU GELAP DENGAN MELA-KUKAN DZIKIR
KHUSUK, IKHLAS DAN EFEKTIF WARNA AURA BEROBAH KEARAH BIRU CERAH, UNGU CERAH DAN AKHIRNYA KEPUTIH -PUTIHAN
.
|
7.
|
WARNA NILA
|
WARNA
AURA NILA GELAP TIDAK PEDULI KEPADA SESAMA, INTROVERT (SIFAT TERTUTUP).
SEBALIKNYA
WARNA AURA NILA TERANG MENGGAMBARKAN SESE-ORANG
YANG MEMILIKI SIFAT KEPUDULIAN YANG TINGGI TERHADAP SESAMA, BERTANGGUNG JAWAB
DAN KESADARAN SPIRI-TUALITAS YANG KUAT, SANGAT TERTARIK KEPADA DUNIA DALAM (INNER COSMOS),
HAL-HAL GHAIB.
|
JIKA
ORANG SEPERTI INI TERUS MENERUS MENINGKATKAN KEMAM- PUAN BERDZIKIRNYA SECARA EFFISIEN, KHUSUK, IKHLAS WARNA AURA
BEROBAH KE-ARAH NILA CERAH DAN AKHIRNYA MENGARAH KE PUTIH.
|
8.
|
WARNA UNGU
|
WARNA
AURA UNGU GELAP BERARTI SESEORANG BERADA DALAM KONDISI LEMAH DAN SEDANG
MENJURUS KE KONDISI SAKIT ATAU DAPAT BERMAKNA ANGKUH, CONGKAK, SOMBONG, EGOIS
DAN SUKA SEREMONIAL.
SEBALIKNYA
WARNA AURA UNGU CERAH MENGGAMBARKAN SIFAT PRIKEMANUSIAAN YANG TINGGI,
KEBANGKITAN SPIRITUAL DAN INTUITIF.
|
JIKA
ORANG SEPERTI INI MAMPU MEMPERTA-HANKAN
DAN MENING- KATKAN KONDISINYA DENGAN BER-DZIKIR EFFISIEN, KHUSUK, IKHLAS
WARNA AURA BEROBAH KEARAH UNGU DAN AKHIRNYA
PUTIH CERAH.
|
9.
|
WARNA
PUTIH
|
WARNA
AURA PUTIH MERUPAKAN PENGGABUNGAN DARI SELURUH WARNA MENJADI SATU
MENYE-BABKAN TERJADINYA HARMONI-SASI SELURUH GELOMBANG WARNA YANG
MEMILIKI FREQUENSI TINGGI.
WARNA
AURA INI MENUNJUKKAN SIFAT PERFEKSIONIS, MENJUJUNG TINGGI NILAI KEMANUSIAAN,
KESELARASAN, IDEALISME YANG TINGGI, KESEMPURNAAN DAN KESADARAN SPIRITUAL YANG
MENDALAM.
WARNA
AURA PUTIH MENJURUS KE JERNIH MENUNJUKKAN KONDISI KESEMPURNAAN SPIRITUALNYA.
TERDAPAT
LINGKARAN CAHAYA DISEKITAR WAJAH YANG
DISEBUT DENGAN “HALO”.
|
WARNA
AURA PUTIH INI JIKA DIBARENGI DENGAN KEPASRAHAN TOTALITAS KEPADA ALLAH SANG
PENCIPTA AKAN MENUNJUKKAN KONDISI FISIK DAN KEJIWAAN YANG TEN-TRAM, DAMAI
SELARAS, SERASI, SEIMBANG DAN HARMONIS DAN MEMI-LIKI FREKUENSI GELOM-BANG ENERGI SANGAT
HALUS, LEMBUT DAN TINGGI HINGGA TAK
TERBATAS.
|
CATATAN :
SUMBER: AGUS MUSTAFA DALAM BUKU “DZIKIR TAUHID”, SERIAL
DISKUSI TASSAWAUF MODERN, 2006.
HUBUNGAN ANTARA SESUATU KEADAAN PRILAKU ALAM SEMESTA
KAITANNYA TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN
No
|
KONDISI ATAU KEADAAN
|
PENJELASAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN
|
PENJELASAN SINGKAT
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
TIDAK
ADA
BENDA MATI MUTLAK DI
ALAM SEMESTA
|
QS. AL-HAJJ :
5.
QS. NUH :
17-18.
QS. AR-RA’DU: 2.
QS. IBRAHIM:
33.
QS.
AN -FUSHSHI- LAT: 39.
|
AYAT
INI MENJELASKAN ASAL MULA KEJADIAN MANUSIA DARI TANAH, KEMUDIAN KELANJUTAN
PROSES KEJADIANNYA DAN PERTUMBUHAN-NYA SAMPAI TUA, KEMUDIAN PERNYATAAN BAHWA BUMI ITU HIDUP.
AYAT INI
MENJELASKAN MANUSIA DIHIDUPKAN DARI TANAH DAN AKAN KEMBALI KETANAH.
AYAT INI
MENJELASKAN BENDA-BENDA ALAM SEMESTA INI BEREDAR PADA GARIS ORBITNYA.
AYAT INI
MENJELASKAN BENDA-BENDA ALAM SEMESTA INI TERUS MENERUS BEREDAR SEHINGGA ADA
SIANG DAN MALAM.
AYAT INI
MENJELASKAN BUMI HIDUP.
|
2.
|
ALAM SEMESTA
BESERTA ISI-NYA BERTASBIH KEPADA ALLAH
|
QS. AL-HASYIR: 1.
QS. AR-RA’DU : 13.
QS. SHAAD : 18.
QS. BANI ISRAIL : 44.
QS. AN-NUUR : 41.
QS. AL-HADIID : 1; ASSHSHAF: 1 DAN AL-JUM’AH : 1.
QS. AN-NAHL : 4 ; QS. AL-KAHFI : 54.
QS. SHAAD : 17.
QS. AL-HAJJ : 3 DAN 8.
QS. A’RAAF : 45 DAN 202; AL-BAQARAH : 6.
|
AYAT INI
MENJELASKAN LANGIT DAN BUMI BESERTA ISINYA BERTASBIH KEPADA ALLAH.
AYAT INI
MENJELASKAN GURUH, MAUPUN MALAIKAT BERTASBIH KEPADA ALLAH.
MENYATAKAN GUNUNG-GUNUNG BERTASBIH PETANG DAN PAGI DEMIKIAN JUGA DAUD.
MENYATAKAN SEMUA LANGIT, BUMI DAN SEMUA MATERI ALAM
SEMESTA BERTASBIH KEPADA ALLAH.
MENYATAKAN LANGIT, BUMI, BURUNG BERTASBIH SERTA SHALAT KEPADA
ALLAH.
MENJELASKAN APA SAJA YANG ADA DI LANGIT DAN DI BUMI
BERTASBIH KEPADA ALLAH.
MENYATAKAN MANUSIA PALING SUKA MEMBANTAH.
MENYATAKAN DAUD ADALAH
MANUSIA YANG TAAT.
MENYATAKAN MANUSIA INGKAR KEPADA ALLAH TANPA PENGETAHUAN.
MENJELASKAN ORANG KAFIR DAN SYETAN-SYETAN INGKAR KEPADA ALLAH.
|
3.
|
KEDAULATAN TUNGGAL KEPA-DA ALLAH
|
QS. AL-FURQAN : 2;
AR-RA’D : 2 DAN AL-A’RAAF
: 54.
|
MENJELASKAN ALLAH
MENCIPTAKAN SEGALA SESUATU DI ALAM SEMESTA
DAN MENETAPKAN UKURAN-UKURANNYA SERTA MENGATURNYA DARI ‘ARSY.
|
4.
|
PUSARAN ALAM SEMESTA
|
QS. AR-RA’D : 2
; AL-MUKMINUN : 86 DAN 116; AL-A’RAAF :
54 ; ALI-IMRAN : 189 ; AL-BAQARAH : 107;
YUNUS : 3 ; HUD : 7 DAN AL-ANBIYAA: 22.
QS. AZ-ZUMAR : 75;
AL-MUKMIN :7 DAN AL-HAQQAH : 17.
QS.
AS-SHAAFFAT : 164-165 DAN AL-FAATHIR : 1.
|
MENYATAKAN KAN ALLAH MEMILIKI DAN MENGATUR ALAM SEMESTA
INI MELALUI ’ARSY.
MENJELASKAN TENTANG MALAIKAT MEMIKUL DAN MENGELILINGI
’ARSY.
MENJELASKAN KEDUDUKAN MASING-MASING MALAIKAT.
|
6.
|
ALAM SEMESTA BERPASANG-PASANGAN
|
QS.
ADZ-DZAARI-YAAT : 49.
QS.
AL-FAATHIR : 41.
QS. AL-ANBIYAA: 30.
|
MENJELASKAN ALLAH MENCIPTAKAN SEGALA SESUATU
BERPASANG-PASANGAN.
MENYATAKAN HANYA ALLAH YANG DAPAT MENAHAN LANGIT DAN
BUMI AGAR TIDAK LENYAP.
MENJELASKAN LANGIT DAN BUMI AWALNYA PADU KEMUDIAN
DIPISAHKAN.
|
7.
|
JANGAN MELA-WAN ARUS
|
QS. LUQMAN : 22 ;
AL-BAQARAH : 256.
QS. AL-MAIDAH :
35
|
TENTANG BERSERAH DIRI DAN BERPEGANG TEGUH PADA JALAN
ALLAH.
PERINTAH UNTUK MENCARI JALAN MENDEKATKAN DIRI DAN BERJIHAD
DI JALAN ALLAH.
|
8.
|
KESEIMBANGAN ALAM SEMESTA
|
QS. AL-MULK : 3
DAN AL-INFI-THAAR : 7.
QS. RUUM : 41 ; AL-ANFAAL : 73; AL-BAQARAH : 12 DAN AL-A’RAAF : 56.
QS. ASY-SYU’ARAA : 183.
|
ALLAH MENCIPTAKAN ALAM SEMESTA DAN MANUSIA SEIMBANG.
MENYATAKAN MANUSIA BERBUAT KERUSAKAN DI BUMI.
MELARANG MANUSIA MERUGIKAN MANUSIA LAIN DAN JANGAN MELAKUKAN KERUSAKAN.
|
9.
|
BAIK DAN BURUK
|
QS. ASY-SYAMS : 8-10.
QS. AL-BAQARAH :
59, AZ-ZUHRUF : 76 DAN AL-ANFAL : 51.
QS. AL-ANFAL :73.
|
MENJELASKAN ALLAH MENGILHAM SIFAT FUJUUR DAN TAQWA.
MENJELASKAN ORANG DZOLIM DISIKSA KARENA FASIK SEBAB
MEREKA MENGANIAYA DIRI SENDIRI, BUKAN ALLAH YANG MENGANIAYA MEREKA MELAINKAN BALASAN ATAS PERNBUATAN MEREKA
SENDIRI.
MENJELASKAN ORANG KAFIR PELINDUNG BAGI PENGIKUTNYA,
MAKA KAUM MUSLIMIN HARUS MELAKSANAKAN
PERINTAH ALLAH AGAR TIDAK TERJADI KEKACAUAN DAN KERUSAKAN.
|
10.
|
BY PASS MENUJU KE KEDAULATAN YANG MAHA TUNGGAL
|
QS. AL-QASHASH : 88.
QS. YUSUF : 105.
QS. Al- BAQARAH:
185.
QS. Al- BAQARAH:
18
QS. MARYAM: 96
DAN AL-AN’AAM: 12.
QS. AL-MUKMINUN :
71.
|
MENYATAKAN TIAP-TIAP SESUATU PASTI BINASA KECUALI
ALLAH, KEPADANYALAH SEGALA SESUATU
AKAN DIKEMBALIKAN.
MENJELASKAN TANDA-TANDA KEBESARAN ALLAH DILANGIT DAN
DIBUMI.
MENJELASKAN AL-QUR’AN DIRURUN-KAN PADA BULAN RAMADHAN
SEBAGAI PETUNJUK, PENJELAS DAN PEMBEDA YANG HAQ DAN YANG BATHIL.
MENJELASKAN ALLAH DEKAT DAN MENGABULKAN DO’A ORANG YANG
BERMOHON DAN BERIMAN DALAM KEBENARAN.
MENJELASKAN ORANG BERIMAN DAN BERAMAL SHOLEH ALLAH AKAN
MENANAMKAN RASA KASIH SAYANG DALAM HATINYA.
MENJELASKAN JIKA KEBENARAN MENGIKUTI HAWA NAFSU PASTI
BINASALAH LANGIT DAN BUMI.
|
11.
|
SIFAT-SIFAT YANG MEMBE-LENGGU
|
QS. AN-NAJM: 13-18.
QS. AN-NISAA’ : 164.
QS.
ASY-SYU’A-RAA’ : 63. DAN
AL-BAQARAH : 60.
QS. AL-KAHFI : 82.
|
MENERANGKAN NABI MUHAMMAD TELAH MELIHAT JIBRIL DALAM
RUPA ASLI, SIDRATHAL MUNTHAHA, SURGA, DAN PENGLIHTANNYA TIDAK BERPALING
DARINYA DAN IA TELAH MELIHAT SEBAHAGIAN DARI TANDA-TANDA KEKUASAAN ALLAH
PALING BESAR.
MENYATAKAN ALLAH BERBICARA LANGSUNG KEPADA MUSA.
MENCERITAKAN TONGKAT MUSA MEMBELAH LAUT MERAH DAN
MEMUKUL BATU SEHINGGA MENGELUARJKAN AIR.
PELAJARAN KESABARAN DARI NABI KHAIDIR KEPADA MUSA
TENTANG SIMPANAN HARTA ANAK YATIM DIBAWAH DINDING SEBUAH RUMAH.
|
12
|
SOMBONG, RIYA’ DAN UJUB
|
QS. AN-NISAA’ : 36;
BANI ISRAIL: 37; AL-QIYAMAH :32-33;
AL-FATHIR 43; AL-MULK: 21;
AL-A’RAAF: 13-36-40.
|
MENJELASKAN ALLAH TIDAK MENYUKAI ORANG SOMBONG DAN
MEMBANGA-BANGGAKAN DIRI, ORANG SOMBONG TIDAK DAPAT MENEMBUS BUMI DAN SETINGGI
GUNUNG, ORANG SOMBONG BERDUSTA DAN BERPALING, RENCANA ORANG SOMBONG AKAN
MENIMPA DIRINYA SENDIRI, ORANG SOMBONG AKAN TERUS MENERUS DALAM
KESOMBONGANNYA, MEREKA TIDAK AKAN DIBUKA PINTU LANGIT DAN TIDAK AKAN MASUK
SURGA, MEREKA AKAN DIUSIR DARI SURGA DAN MEREKA AKAN MENJADI PENGHUNI NERAKA
DAN KEKAL DIDALAMNYA.
|
13.
|
PEMARAH, DEN-DAM DAN BENCI
|
QS. ASY-SYUURA :
37.
QS.
AL-QALAM : 48 ; AT-TAUBAH : 128.
QS. ALI IMRAN: 133-134 : AL-A’RAAF : 43.
|
MENJELASKAN ORANG-ORANG YANG MENJAUHI DOSA BESAR DAN
KEJI ADALAH PEMA’AF MAKA PAHALANYA TANGGUNGAN ALLAH.
MENJELASKAN PERINTAH KESABARAN KEPADA MUHAMMAD, BERAT
TERASA PENDERITAAN OLEHNYA, DIA AMAT BELAS KASIH DAN PENYAYANG KEPADA
KAUMNYA.
AMPUNAN DAN SURGA BAGI ORANG BERTAQWA, ALLAH MENYUKAI
ORANG YANG MENAHAN AMARAH DAN MEMA’AFKAN
DAN MENCABUT SEGALA MACAM DENDAM DIDALAM HATINYA DAN MEWARISKAN SURGA
KEPADA MEREKA.
|
14
|
SERAKAH, IRI DAN DENGKI
|
QS. AN-NISAA’ : 32; AL-BAQARAH : 90 DAN 96; AL-FALAQ :
5; MUHAMMAD : 29 DAN BANI ISARIL 72.
|
MENJELASKAN ALLAH MELARANG SIFAT IRI DENGKI, KARENA
MEREKA MENJUAL DIRINYA DENGAN KEKAFIRAN DAN KEJEHATAN, KEDENGKIAN ADALAH PENYAKIT
HATI, ORANG DENGKI PALING SERAKAH, MEREKA
BUTA HATINYA DAN DI AKHERAT IA AKAN LEBIH BUTA.
|
15.
|
PEMBOHONG, PENGHIANAT
DAN PENIPU
|
QS. AL-AHZAB: 60;
AN-NISAA’ : 145; AL-MAIDAH: 63;
AN-NUUR: 15 DAN AL-AN’AAM :112.
|
MENJELASKAN ORANG MUNAFIK HATINYA BERPENYAKIT KARENA
SUKA BERBOHONG, LETAK MEREKA DI NERAKA PALING BAWAH, PERKATAAN BOHONG MEREKA
AMAT BURUK. KEBOHONGAN MEREKA DIANGGAP RINGAN DAN BAGI ALLAH ADALAH BESAR,
MEREKA MENDAPAT BISIKAN DARI SYETAN JENIS MANUSIA MAUPUN JENIS JIN, PERKATAAN
MEREKA INDAH-INDAH UNTUK MENIPU.
|
16.
|
JUJUR DAN RENDAH
HATI
|
QS. AL-ANFAL: 58
DAN AL-FURQAN: 63.
|
MENYATAKAN PERINTAH UNTUK BERLAKU JUJUR, ORANG JUJUR
ADALAH RENDAH HATI DAN ALLAH TIDAK SUKA ORANG BERKHIANAT.
|
17.
|
SISTEM INFOR-MASI ALAM SEMESTA
|
QS.
IBRAHIM : 3; AN-FUSHSHULAT : 52; AL-A’RAAF: 7.
QS.
AN-NAAZI’AAT: 3-5; AL-QADR: 4: YUNUS :
3; AS-SAJADAH : 5; AL-MA’ARIJ: 4.
|
MENJELASKAN
SIAPA YANG LEBIH MENYUKAI KEHIDUPAN
DUNIA DARI KEHIDUPAN AKHIRAT, MEREKA DALAM KESESATAN YANG NYATA, MEREKA
MENGINGKARI AL-QUR’AN, MEREKA DALAM PENYIMPANGAN YANG JAUH SEDANGKAN ALLAH
SANGAT DEKAT DENGAN MEREKA.
MENJELASKAN
MALAIKAT BERLARI KENCANG KECEPATANNYA SATU HARI SEBANDING DENGAN SERIBU TAHUN
DAN JIBRIL NAIK LIMA PULUH RIBU TAHUN DAN MENGATUR SEGALA URUSAN ATAS
PERINTAH TUHAN, DAN ALLAH BERSEMAYAM DI ‘ARSY MENGATUR
SEGALA URUSAN.
|
18.
|
KHUSUK
|
QS. AL-BAQARAH: 45-46.
QS. BANI ISRAIL: 106-110.
QS. AL-ANBIYAA’ : 90.
|
PERINTAH UNTUK MEMINTA PERTOLONGAN DENGAN SABAR DAN
SHOLAT DAN ITU SUNGGUH TIDAK BERAT BAGI ORANG YANG KHUSYU’
DAN ORANG YANG YAKIN AKAN MENEMUI TUHANNYA DAN KEMBALI KEPADANYA.
AL-QUR’AN DITURUNKAN SECARA BERANGSUR-ANGSUR AGAR DAPAT
MEMPELAJARINYA PERLAHAN-LAHAN,
BERIMANLAH KEPADANYA, BAGI ORANG BERPENGETAHUAN JIKA DIBACAKAN KEPADANYA MAKA
IA SUJUD SAMBIL MENANGIS DAN MEREKA BERTAMBAH KHSYU’.
SERULAH ALLAH ATAU AR-RAHMAN, DIA PUNYA ASMA’UL HUSNA
JANGAN MENGERASKAN SUARAMU DALAM SHOLAT DAN JANGAN PULA MERENDAHKANYA DAN
CARILAH JALAN TENGAH.
ORANG YANG BERSEGERA MENGERJAKAN PERBUATAN BAIK DAN
BERDO’A DENGAN HARAP CEMAS ADALAH ORANG YANG KHUSYU’.
|
19.
|
HARMONISASI AURA
|
||
20.
|
WARNA AURA CERAH
|
||
21.
|
FREQUENSI GE-TARAN LEMBUT MENENTRAMKAN JIWA
|
||
22.
|
DZIKIR DASAR DAN TOTALITAS
|
CATATAN
:
SUMBER:
AGUS MUSTAFA DALAM BUKU ”DZIKIR TAUHID”, SERIAL DISKUSI TASSAWUF MODERN, 2006.
TIGA PEMBAGIAN BESAR WILAYAH KERJA
GLOBAL OTAK
No
|
PEMBAGIAN WILAYAH
|
WILAYAH OTAK
|
TUGAS DAN FUNGSI
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
WILAYAH
I
|
KULIT
OTAK (CORTEX CEREBRI), BAGIAN TERLUAR DARI OTAK.
|
WILAYAH INI MERUPAKAN BASIS DARI AKTIFITAS YANG
BERKAITAN DENGAN KEMAMPUAN RASIONAL
SESEORANG, MULAI DARI KEMAMPUAN MENERIMA RANGSANGAN PANCA INDERA,
MEMAHAMINYA, MENGANALISA, DAN KEMUDIAN MERESPONS SECARA MOTORIK.
KEMAJUAN TEKNOLOGI MUTAKHIR SAAT INI ADALAH BUKTI
KEHASILAN SEBAGIAN DARI CARA BERFIKIR RASIONAL DARI KULIT OTAK.
|
2.
|
WILAYAH II
|
SISTTEM LIMBIK DAN BAGIAN LAIN DARI OTAK YANG MASIH
SANGAT MISTERIUS.
|
WILAYAH INI BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP FUNGSI LUHUR
YANG SANGAT ERAT DENGAN EMOSI SESEORANG.
SIKAP JUJUR, ADIL, PEMAAF, PENDENDAM, RASA BERSALAH, KEADILAN, MENCINTAI,
MENYAYANGI, MEMBENCI, SEDIH, GEMBIRA DAN MENDERITA DIATUR MEKANISME-NYA
DIWILAYAH BAGIAN TENGAH OTAK, TERMASUK DIDALAMNYA ADALAH ”AMYGDALA” SEBAGAI PUSAT INGATAN EMOSI.
ADA BEBERAPA KOMPONEN OTAK YANG TERLIBAT DALAM
SISTEM PENGATURAN FUNGSI LUHUR DAN NILAI-NILAI YAITU:
”GYRUS CINGULATA, THALAMUS,
HIPPOCAMPUS, NUC- LEUS BASAL, PREFRONTAL CORTEX DAN AMYGDALA”. TIGA DAIANTARANYA BERADA DI WILAYAH I (KULIT OTAK) BERPERAN DALAM AKTIFITAS
RASIONAL. SELEBIHNYA BERADA DI BAGIAN
BAWAH KULIT OTAK ATAU BAGIAN YANG BERKAIT DENGAN EMOSIONAL.
TERNYATA MEKANISME SISTEM LIMBIK MELIBATKAN DUA FUNSI OTAK SEKALI GUS YAITU
FUNGSI RASIONAL DI KULIT OTAK DAN FUNGSI EMOSINAL DI BAGIAN LEBIH DALAM OTAK. ARTINYA MUNCULNYA SIFAT EMOSIONAL/RASA DAN
NILAI, IKUT TERLIBAT DIDALAMNYA
PIKIRAN-PIKIRAN RASIONAL, SECARA KOLEKTIF MANUSIA TELAH MEMILIKINYA DI BAGIAN
TENGAH OTAK.
SISTEM LIMBIK JUGA MENGATUR ALAM PIKIRAN BAWAH
SADAR, DIDALAM SISTEM INI TERSIMPAN MEMORI UNIVERESAL TENTANG KEBAIKAN,
KEBURUKAN, KEADILAN, KEJUJURAN, DAN
SEGALA SIFAT YANG DIANGGAP BURUK ATAU BAIK OLEH MANUSIA. MAKA TANPA BELAJAR SEMUA ORANG MENGETAHUI
SIFAT UNIVERSAL TERSEBUT, KARENA INGATAN TENTANG SEMUA RASA UNIVERESAL TELAH
TERSIMPAN MEMORINYA DALAM SISTEM LIMBIK.
PADA SISTEM LIMBIK INILAH ALLAH TELAH MENGILHAMKAN
RASA SEDIH DAN GEMBIRA, RASA BERANI DAN TAKUT, RASA PUAS DAN KECEWA,
RASA TENTRAM DAN GELISAH, RASA SOMBONG DAN RENDAH HATI, RASA BAHAGIA DAN
SENGSARA, BERBAGAI NILAI KEBAIKAN DAN KEBURUKAN. JADI SISTEM NILAI ITULAH
YANG MENJADI ACUAN DAN TOLOK UKUR BAGI OTAK UNTUK MENGATAKAN SESUATU
TERGOLONG BAIK ATAU BURUK.
BERDASARKAN MEMORI RASA DI DALAM SISTEM LIMBIK,
MUNCUL PERINTAH LEWAT SISTEM HORMON ENDOKRIN YANG BERPENGARUH TERHADAP
SELURUH ORGAN TUBUH SEPERTI JANTUNG BERDENYUT KENCANG ATAU LEMBUT,
BERKERINGAT DINGIN, TANGAN GEMENTARAN, DLL.
|
3.
|
WLAYAH III
|
WILAYAH BATANG OTAK DAN OTAK KECIL.
|
WILAYAH INI
BERKAITAN DENGAN FUNGSI DASAR
KEHIDUPAN, MERUPAKAN PUSAT PENGATURAN DENYUT JANTUNG, PERNAFASAN, TEKANAN
DARAH, PENGATURAN KESEIMBANGAN DAN KEHALUSAN GERAKAN.
|
CATATAN: - SUMBER: AGUS MUSTAFA DALAM BUKU ”MENYELAM KE SAMUDERA JIWA DAN RUH”, SERIAL DISKUSI TASSAWUF
MODERN, 2006.
EMPAT KOMPONEN OTAK MEMILIKI PERAN PENTING DALAM
PENGENDALIAN KEHIDUPAN
MANUSIA
No
|
NAMA KOMPONEN
|
WILAYAH
|
TUGAS DAN FUNGSI
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
THALAMUS
|
BAGIAN
OTAK DEPAN.
|
BERFUNGSI
MENGATUR PROSES MASUKNYA INFORMASI DARI LUAR OTAK MENUJU KE KULIT OTAK,
MENGATUR PROSES TERJADINYA GERAKAN ORGAN-ORGAN TUBUH LEWAT KOORDINASI KULIT
OTAK DAN OTAK KECIL, TEMPAT PERSIM-PANGAN SYARAF-SYARAF SEN-SORIK YANG MASUK
KE OTAK.
|
2.
|
HYPOTHALAMUS
|
BERADA DIBAWAH THALAMUS
|
MENGATUR KESTABILAN SUHU BADAN, RASA LAPAR DAN
HAUS, KEGIATAN SEKSUAL DAN BERBAGAI AKTIFITAS BADAN LAINNYA TERMASUK PROSES
PERTUMBUHAN DAN MENSTRUASI PADA PEREMPUAN YANG DIKENDALIKAN SECARA HORMO NAL.
PADA KASUS SESEORANG MARAH ATAU CEMAS, MAKA
KOMPONEN OTAK INI IKUT BERPERAN DI
DALAMNYA. DAN KETIKA CEMAS BERLEBIHAN,
MAKA SISTEM LIMBIK DI OTAK BEREAKSI CEPAT MEMERINTAHKAN HYPPOTHA- LAMUS
MELEPAS HORMON CRF (CORTICOTROPHIN
RELEASING FACTOR).
CRF MELUNCUR MENUJU HIPOFISE DI BAGIAN BAWAH
HYPPOTHALAMUS DAN MEMAN CING KELUARNYA HORMON LAIN, SEPERTI ACTH
(ADRENOCORTICO TROPHIN HORMONE),
KEMUDIAN MASUK KE ALIRAN DARAH MENUJU KE KELENJAR ANAK GINJAL, LALU
MELEPAS HORMON CORTISOL YANG MERANGSANG SYARAF SIMPATISAN MENGELUAR KAN ADRENALIN. PADA SAAT INILAH JANTUNG TERASA
BERDEBAR-DEBAR, BERKERINGAT DINGIN, GEMETARAN, SAMPAI INGIN BUANG AIR KECIL.
|
3.
|
HIPPOCAMPUS
|
TERLETAK DITE-NGAH OTAK BER BENTUK SEPERTI HURUF C.
|
BERFUNGSI UNTUK MENYIMPAN MEMORI RASIONAL, TERUTAMA
INGATAN JANGKA PENDEK. IA SEBENARNYA
MERUPAKAN BAGIAN DARI KULIT OTAK YANG MENJULUR KE BAGIAN DALAM OTAK, SEHINGGA
FUNGSINYA TERKAIT DENGAN PROSES RASIONAL KULIT OTAK.
AKAN TETAPI HIPPOCAMPUS JUGA BERPERAN DALAM SISTEM
LIMBIK YANG MENJADI PUSAT FUNGSI LUHUR MANUSIA, BUKAN HANYA FUNGSI EMOSIONAL
SEPERTI PERAN DARI AMYGDALA.
PADA SAAT CORTISOL YANG DILEPAS ACTH, IA AKAN
MEMPENGARUHI ORGAN-ORGAN LAINNYA SALAH SATUNYA MENYERANG HIIPPOCAMPUS SEBAGAI
PUSAT INGATAN RASIO NAL, AKIBATNYA TIMBUL PERASAAN GUGUP, LUPA TERHADAP MEMORI YANG ADA
DI DALAM OTAK.
|
4
|
NEUROTRANSMITER
|
ZAT KIMIA YANG DI PRODUKSI DALAM SEL-SEL SYARAF
YANG ADA DI OTAK.
NEUROTRANSMITER TERBAGI ATAS 3 GOLONGAN, YAITU:
(1). KELOMPOK ASAM AMINO SEPER TI GABA
DAN GLUTAMAT, (2). KELOMPOK BIOGENIC
AMIN SEPERTI DOPAMIN, ADRENALIN DAN NORADRENALIN DAN (3). KELOMPOK PEPTIDA SEPERTI NITRIT OKSIDA.
|
MERUPAKAN AKTOR UTAMA DALAM SISTEM KEHIDUPAN
MANUSIA, BERSAMA DENGAN SINYAL-SINYAL LISTRIK SERA-BUT SYARAF DAN HORMON (AKTOR
KETIGA DALAM PENYAMPAIAN PESAN DARI OTAK KE SELURUH BADAN).
JIKA SINYAL LISTRIK DAN NEUROTRANSMITER BEKERJA SEPANJANG
SYARAF, MAKA HORMON DILEPAS LEWAT
DARAH, ZAT INI DILEPAS OLEH HIPOFISE DI OTAK BAGIAN DEPAN ATAS PERINTAH
HIPPOTHALAMUS.
ZAT KIMIA DI DALAM OTAK INI BERFUNGSI MEMBAWA PESAN
ANTAR SEL-SEL SYARAF.
ZAT-ZAT KIMIA PEMBAWA PESAN DI PRODUKSI KETIKA PESAN
DARI OTAK HARUS DITRANS MISIKAN KE BAGIAN-BAGIAN LAIN. HAMPIR SELURUH KEGIATAN OTAK MEMANFAATKAN
NEURO TRANSMITER UNTUK MENYAM PAIKAN PESAN.
EFEK DILEPASNYA ASAM AMINO ADRENALIN (DISEBUT JUGA
EPINEFRIN) ATAS PERINTAH OTAK
MENYEBABKAN TIMBULNYA PERASAAN
CEMAS ATAU MARAH MEMUNCAK, MAKA JANTUNG BERDENYUT LEBIH KENCANG BERDEBAR-DEBAR,
BERKERINGAT DINGIN, KADANG-KADANG BADAN TERASA LEMAS.
PERSAAN GEMBIRA, SENANG DAN BAHAGIA DIPICU OLEH
DILEPASNYA ASAM AMINO ENKE-FALIN.
TIMBULNYA PERASAAN MALAS DIPICU OLEH MENINGKATNYA ASAM AMINO GABA, JIKA KADARNYA MENURUN MAKA SESEORANG MAMPU
BERGERAK TANGKAS TRENGGINAS.
PERASAAN SESEORANG KEHILA-NGAN MOOD-NYA, KURANG
DAYA KONSENTRASINYA ATAU KURANG GAIRAH DIPICU OLEH MENURUN NYA ASAM AMINO
SEROTONIN.
SESEORANG YANG MENGALAMI KEGILA-GILAAN DISEBABKAN
OLEH NOREPINEFRIN, SEROTO NIN DAN DOPAMIN YANG BEKERJA PADA SISTEM KOGNISI,
SISTEM KOORDINASI GERAKAN OTOT DAN KEWASPADAAN SESEORANG.
|
CATATAN: - SUMBER: AGUS MUSTAFA DALAM BUKU ”MENYELAM KE SAMUDERA JIWA DAN RUH”, SERIAL DISKUSI TASSAWUF
MODERN, 2006.
Bengkulu, Juni
2012
Ir. NAZAMUDDIN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar