Kamis, 28 Juni 2012

SUATU KAJIAN TEORI DAN APLIKASI RAHASIA MERAIH KONDISI SEHAT JASMANI DAN ROHANI (FITRAH)

SUATU KAJIAN TEORI DAN APLIKASI RAHASIA MERAIH KONDISI SEHAT JASMANI DAN ROHANI (FITRAH)


PELATIHAN OLAH TENAGA DALAM (POTD)

SATYA BUANA CABANG BENGKULU

2012



HUBUNGAN ANTARA TUJUH TITIK CHAKRA MAYOR,  WARNA AURA DASAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIFAT-SIFAT SESEORANG (DIPANTAU MENGGUNAKAN ALAT COMPUTERIZED MULTIMEDIA BIOFEEDBACK SYSTEM/CMBS)


No
TUJUH TITIK CHAKRA MAYOR DAN WARNA AURA DASAR DOMINAN
KARAKTER ATAU SIFAT-SIFAT FISIK DAN ROHANI DOMINAN 
AREA  TITIK CHAKRA
1
2
3
4
1.
CHAKRA DASAR (WARNA MERAH)
WARNA AURA MENCERMINKAN SIFAT MUDAH EMOSIONAL, SUKA BERGUNJING, PROVOKATOR, PENGHASUT, SAKIT BERAT, KESURUPAN,  JIWA SEDANG TERTEKAN, STRESS, TERGESA-GESA, PERHATIAN TERHADAP MATERI BERLEBIHAN  DAN   KEBERANIAN  MENGAMBIL RESIKO.

TERLETAK DI SEKITAR TU-LANG EKOR.
2.
CHAKRA KUNDALINI /SEX (WARNA JING-GA/ORANYE)
WARNA AURA MENCERMINKAN  PUSAT KREATIFITAS FISIK, SIFAT WARNA AURA YAKNI  KETERTARIKAN TERHADAP PENAMPILAN DIRI SENDIRI SECARA FISIK,  SUKA BERDANDAN/PESOLEK DAN SUKA MENJADI PUSAT PERHATIAN,  SENANG BERGAUL DAN   BERSIFAT HEDONISTIK (SUKA BERSENANG-SENANG).

TERLETAK DI- SEKITAR DUA JARI BAWAH PUSAR.
3.
CHAKRA SOLAR FLEXUS (WARNA KUNING)
SIFAT WARNA AURA YAKNI EGOISTIS DAN  BERAMBISI, CITA-CITA YANG KUAT MENJADI PENGUASA, ENERGIK DAN CERDIK, POTENSI STRESS  CUKUP TINGGI.
TERLETAK SE-KITAR DIATAS PUSAR DAN DIBAWAH  DADA.
4.
CHAKRA JANTUNG (WARNA     HIJAU)
MUNCULNYA BENTUK GETARAN-GETARAN HALUS TERKAIT DENGAN SIFAT-SIFAT LEMAH LEMBUT, MUDAH HIBA DAN PENGASIH, TAK SUKA KEKERASAN, EMPATI DAN  KASIH SAYANG.

TERLETAK DI-SEKITAR JANTUNG.
5.
CHAKRA TENGGORO-KAN (WARNA BIRU)
SIFAT WARNA AURA SUKA DENGAN KEILMUAN DAN HAL YANG BERSIFAT RASIONALITAS, PERTUMBUHAN DAN PROGRESIFITAS, SENANG MENCARI REALITAS HAKIKAT DAN MAKNA HIDUP.

TERLETAK DI-SEKITAR TENGGOROKAN .
6.
CHAKRA AJNA  (WARNA  NILA)
WARNA AURA MENUNJUKKAN KEMAMPUAN MEMILIKI INTUISI TINGGI  DAN SPIRITUALITAS YANG KUAT, LEBIH TERTARIK DENGAN DUNIA DALAM (INNER COSMOS),  HAL-HAL GHAIB.

TERLETAK AN-TARA DUA MATA DIBA-WAH DAHI.
7.
CHAKRA MAKHKOTA (WARNA UNGU)
WARNA AURA MENUNJUKKAN INTENSITAS SPIRITUALITAS TINGGI, PERHATIAN TERHADAP DUNIAWI SANGAT RENDAH, TERTARIK PADA MEDITASI, TAFAKUR, BERDZIKIR, MENYENDIRI, MENCARI HUBUNGAN DENGAN TUHAN, DAN SEGALA YANG BERKAITAN DENGAN HAL SPIRITUAL.

TERLETAK DI-SEKITAR KE-PALA BAGIAN ATAS.
   

           CATATAN: -   CHAKRA ADALAH TITIK PUSAT PUSARAN ENERGI DALAM TUBUH,  JUMLAH CHAKRA SELURUHNYA 365 TITIK CHAKRA,  ADA 7 TITIK  CHAKRA  MAYOR (UTAMA) DAN 11 CHAKRA MINOR (CHAKRA CABANG).

 -    ALAT FOTOGRAFI AURA INI DITEMUKAN OLEH  ”FISSLINGER  (JERMAN)    TAHUN 1998”, PENINGKATAN DARI ALAT FOTOGRAFI KIRLIAN YANG DITEMUKAN  OLEH  ”SEYMON KIRLIAN (RUSIA) TAHUN 1939”.

 -   SUMBER:  AGUS MUSTAFA DALAM BUKU ”DZIKIR TAUHID”, SERIAL DISKUSI TASSAWUF MODERN,      2006.


HUBUNGAN ANTARA WARNA AURA DASAR DOMINAN DAN PENGARUHNYA  TERHADAP KONDISI FISIK DAN ROHANI  SESEORANG  (DIPANTAU MENGGUNAKAN ALAT COMPUTERIZED MULTIMEDIA BIOFEEDBACK SYSTEM/CMBS)



No
WARNA AURA DASAR DOMINAN
KONDISI  FISIK DAN ROHANI DOMINAN 
KETERANGAN
1
2
3
4
1.
 WARNA MERAH
WARNA AURA SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA ORANG YANG SEDANG EMOSIONAL, JIWA SEDANG TERTEKAN ATAU BERMASALAH, SEDANG GONCANG JIWANYA,  SEDANG TERGESA-GESA, SEDANG GILA MATERI BERLE-BIHAN,  TERLALU PERCAYA DIRI DAN SOMBONG, SEDANG MENGA-LAMI FLU BERAT ATAU PENYAKIT BERAT LAINNYA.

DENGAN BER-DZIKIR KHUSUK, IKHLAS WAR-NA AURA AKAN BEROBAH KE ARAH ORANYE, KU-NING, HIJAU, BIRU, NILA, UNGU DAN AKHIRNYA BESEMU PUTIH.
2.
MERAH  AGAK  JINGGA SAMPAI KUNING KE-EMASAN
WARNA AURA SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA ORANG YANG  PENUH SEMANGAT, VITALITAS DAN KREATIFITAS TINGGI, AMBISIUS, SEDIKIT MELEDAK-LEDAK, CITA-CITA KUAT MENJADI ORANG SUKSES, PROFESSIONAL DAN TERGOLONG MEMILIKI EGO TINGGI   SEJALAN DENGAN KEMAMPUAN MEMIMPIN DALAM KETEGASAN-NYA.
DENGAN BERDZIKIR IKHLAS/KHUSUK/ EFEK-TIF   AURA AKAN  BER-GERAK  KE ARAH JINGGA, KUNING, HIJAU, BIRU, NILA,   UNGGU BAHKAN MENGARAH            PUTIH       (PENGUSAHA, SALESMEN,  KARYAWAN MULTIMEDIA).  BILA IA  TIDAK  MAMPU BER-DZIKIR EFEKTIF WARNA AURA PALING TINGGI JINGGA DAN KUNING.

3.
 WARNA WARNI
WARNA AURA SEPERTI INI  TIDAK ADA YANG DOMINAN  SEMUA WARNA DALAM  KONDISI BERIMBANG.

WARNA AURA SEPERTI INI SERING DITEMU-KAN PADA ANAK-ANAK.
4.
WARNA MERAH MENUJU  UNGU 
ORANG YANG MEMILIKI WARNA DASAR AURA MERAH DALAM KONDISI TIDUR WARNA AURA-NYA  BERUBAH MENUJU UNGU DAN TERNYATA ORANG KESURUPAN WARNA AURANYA MENUJU UNGU.

WARNA AURA UNGU DITEMUKAN JUGA PADA ORANG YANG DALAM KONDISI RILEKS JIWA DAN RAGANYA.
5.
WARNA BIRU MENGARAH KE UNGU
WARNA AURA SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA ORANG YANG     SUKA MENELITI, MENEKUNI DAN KONSENTRASI BIDANG KEILMUAN,  MENYENANGI HAL-HAL BERSIFAT RASIONALITAS, FOKUS TERHADAP  PROGRESIFITAS, SENANG MENCARI
REALITAS HAKIKAT DAN MAKNA HIDUP.
WARNA AURA SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA SENIMAN DAN PARA ILMUAN.   DENGAN  BER-DZIKIR KHUSUK, IKHLAS WARNA AURA BEROBAH KEARAH UNGU
DAN AKHIRNYA KEPUTIH -PUTIHAN . 
6.
 WARNA NILA
WARNA AURA SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA ORANG YANG   MEMILIKI INTUISI DAN SPIRITUALITAS YANG KUAT, SELALU  TERTARIK DENGAN DUNIA DALAM (INNER COSMOS) DAN  HAL-HAL GHAIB.
JIKA ORANG SEPERTI INI MAMPU   BER-DZIKIR EFFISIEN, KHUSUK, IKHLAS WARNA AURA BEROBAH KE-ARAH UNGU KEPUTIHAN  DAN AKHIRNYA MENGA-RAH  KE PUTIH. 

7.
 WARNA UNGU
WARNA AURA SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA ORANG YANG    INTENSITAS SPIRITUAL-NYA  TINGGI, PERHATIAN TERHADAP DUNIAWI SANGAT KECIL, SUKA MELAKUKAN  MEDITASI, TAFAKUR, BERDZIKIR, MENYENDIRI, SELALU MENCARI HUBUNGAN DENGAN TUHAN, DAN SEGALA YANG BERKAITAN DENGAN SPIRITUAL.

JIKA ORANG SEPERTI INI MAMPU   MEMPERTA-HANKAN DAN MENING- KATKAN KONDISINYA DENGAN BER-DZIKIR EFFISIEN, KHUSUK, IKHLAS WARNA AURA BEROBAH KEARAH UNGU DAN AKHIRNYA  PUTIH CERAH.  
8.
 WARNA  PUTIH
WARNA AURA SEPERTI INI SEBENARNYA  TIDAK LEBIH TINGGI FREKUENSINYA DARI WARNA UNGU, AKAN TETAPI MERUPAKAN PENGGABUNGAN DARI SELURUH WARNA MENJADI SATU, KARENA  TERJADINYA HARMONISASI SELURUH GELOMBANG WARNA PADA FREQUENSI TINGGI YANG MENYEBABKAN KONDISI ENERGI KITA DALAM KEADAAN SERASI DAN SEIMBANG (HOMEOSTATIS).

WARNA AURA SEPERTI  INI SERING DITEMUKAN PADA ORANG YANG RAJIN BERIBADAH,  BERDZIKIR, BERTAFAKUR, BERDO’A DENGAN IKHLAS, SABAR  DAN KHUSUK, SENANG BERBUAT KEBAJIKAN,  MERENUNG DAN  MENCARI HUBUNGAN DENGAN TUHAN (TAQARRUB), DAN SEGALA YANG BERKAITAN DENGAN SPIRITUALI-TAS. WARNA SEPERTI INI BISA MENGARAH KEPADA PUTIH JERNIH NAMUN SANGAT JARANG.

WARNA AURA PUTIH INI JIKA DIBARENGI DENGAN KEPASRAHAN TOTALITAS KEPADA ALLAH SANG PENCIPTA AKAN MENUNJUKKAN KONDISI FISIK DAN KEJIWAAN YANG TEN-TRAM, DAMAI SELARAS, SERASI, SEIMBANG DAN HARMONIS YANG MEMI-LIKI FREKUENSI GELOM-BANG ENERGI SANGAT HALUS, LEMBUT DAN  TINGGI HINGGA TAK TERBATAS.
 

            CATATAN :

 SUMBER:   -   AURA ADALAH PANCARAN ENERGI YANG MEMBIAS DARI PUSAT    PUSAT ENERGI DARI DALAM TUBUH.

 -   AGUS MUSTAFA DALAM BUKU “DZIKIR TAUHID”, SERIAL DISKUSI     TASSAWUF MODERN,      2006.


HUBUNGAN ANTARA TUJUH TITIK CHAKRA MAYOR,  PRODUKSI KELENJAR HORMONAL  DALAM TUBUH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KONDISI FISIK SERTA PSICHOLOGIS SESEORANG


No
TUJUH TITIK CHAKRA MAYOR DAN WARNA AURA DASAR DOMINAN
JENIS KELENJAR YANG DIPRODUKSI
KONDISI FISIK,  PSICHOLOGIS DAN SUASANA BATHINIAH
1
2
3
4
1.
CHAKRA DASAR (WARNA MERAH)


2.
CHAKRA KUNDA-LINI /SEX (WARNA JINGGA /ORANYE)
MEPRODUKSI KE-LENJAR DAN HOR-MON REPRODUKSI
AKTIFNYA CHAKRA SEKS AKAN MENYEBABKAN MENONJOLNYA SIFAT-SIFAT SUKA DENGAN KEINDAHAN FISIK BAIK DIRINYA MAUPUN DENGAN LAWAN JENIS, PESOLEK DAN SELALU INGIN MENJADI PUSAT PERHATIAN DAN SUKA DIPUJI SERTA SUKA BERSENANG-SENANG ATAU BER-FOYA-FOYA.

3.
CHAKRA SOLAR FLEXUS (WARNA KUNING)
- MENGHASIL- KAN DUA KELENJAR ENDOKTRIN YA-ITU : ADRENAL DAN PANKREAS.
- KELENJAR ADRE-NAL   MELEPAS HORMON ADRE-NELIN DAN EPI-NEFRIN.
- KELENJAR   PAN-KREAS MENGHA-SILKAN HORMON INSULIN. 
- KEDUA HORMON INI SANGAT BERKAITAN DENGAN ENERGI DAN AMBISI.

- HORMON  INSULIN  SEBAGAI PEMASOK ENERGI, KARENA MENGENDALIKAN KADAR GULA DALAM DARAH,  GULA SEBAGAI BAHAN BAKU ENERGI DALAM TUBUH.

-  HORMON  ADRENALIN SEBAGAI PENGATUR DAYA TAHAN TUBUH DAN MEKANISME STRESS.

- HORMON EPINEFRIN  JIKA DIPICU OLEH KONDISI  NERVOUS DAN STRESS, MAKA ORANG  AKAN BERKERINGAT DINGIN, GEMETARAN,  BESER, ATAU MARAH TIDAK TERKONTROL.

4.
CHAKRA JANTUNG (WARNA     HIJAU)


5.
CHAKRA TENGGO-ROKAN (WARNA BIRU)


6.
CHAKRA AJNA  (WARNA  NILA)


7.
CHAKRA MAKHKO-TA (WARNA UNGU)
KELENJAR PINEAL, MENGHASILKAN HORMON MELATO-NIN.
-  BERFUNGSI MENGATUR KONDISI SADAR DAN TIDAK SADAR SESEORANG,  JIKA HORMON DILEPAS KESELURUH TUBUH SESEORANG AKAN MENGALAMI RASA TENANG, MENGANTUK DAN TERTIDUR.  KELENJAR PINEAL MENGHASILKAN HORMON MELATONIN BERTANGGUNG JAWAB MUNCULNYA MEKANISME SPIRITUAL SEHINGGA DIASSUM-SIKAN  DIBALIK INILAH  TER-LETAK PUSAT  PERGERAKAN JIWA. 

-  ORANG MENGANTUK DAN BERPROSES MENUJU TIDUR MENGALAMI SITUASI TENTRAM, RILEKS YANG DALAM,   FREKUENSI OTAKNYA  BERGETAR ANTARA 8 - 13 HZ DISEBUT WILAYAH  GELOMBANG ALFA, KESADARAN  DUNIA LUAR MENURUN, KEMUDIAN CENDE-RUNG MEMASUKI DUNIA DALAM DIRINYA SENDIRI (INNER COSMOS) DENGAN AURA BERWARNA UNGU.

  
           CATATAN : 
           
           SUMBER:   AGUS MUSTAFA DALAM BUKU “DZIKIR TAUHID”, SERIAL DISKUSI TASSAWUF MODERN,      2006.


HUBUNGAN ANTARA OPERATING SYSTEM  (FREQUENSI GETARAN)  OTAK SYSTEM CLOCK  (FREQUENSI PEMBAWA)  DAN  CONTENT (FREQUENSI ISI INFORMASI),  PENGARUHNYA TERHADAP KONDISI FISIK SERTA PSICHOLOGIS SESEORANG (DIPANTAU MENGGUNAKAN ALAT ELECTROENCEPHALOGRAPH/EEG)



LAJU FREQUENSI GETARAN OTAK  (CLOCK)
FREQUENSI GETARAN JIWA   (TYPE/CONTENT)
PEMAHAMAN  KONDISI FISIK,  PSICHOLOGIS DAN SUASANA BATHINIAH
2
3
4
FREQUENSI GETARAN OTAK  40 - 200 HZ
KONDISI ALAM  GAMA
KONDISI OTAK YANG SADAR, BAIK DALAM KONDISI TERJAGA ATAU TIDUR YANG DISERTAI MIMPI, BARU DITEMUKAN DIDALAM “HYPOKAMPUS”, CERAPAN YANG DAPAT DIIKAT ATAU DIPAHAMI “(PERCEPTUAL BINDING)”, FUNGSI BELUM DITEMUKAN.

FREQUENSI GETARAN OTAK  13,9 - 40 HZ 
























KONDISI ALAM BETA (Kognitif, Analitis, Logika, Otak Kiri, Konsen-trasi, Pemilahan, Prasangka, Pikiran Sadar, Aktif, Cemas, Was-was, Khawatir, Stress, Faight or Flaight, Disease, Cortisol, Norepinephrine).
PADA ORANG DEWASA, KERJA MENTAL TERKONSENTRASI, ORANG BERADA DALAM KONDISI TERJAGA/KESADARAN PENUH DAN DIDOMINASI OLEH LOGIKA, OTAK KIRI SEDANG AKTIF BERFIKIR, KONSENTRASI DLL. SEHINGGA GELOMBANG OTAK MENINGGI,  BERAKTIFITAS PENUH SEMANGAT, PANCA INDRA BEKERJA MAKSIMAL,  PERHATIAN LEBIH KEPADA HAL-HAL YANG BISA DITANGKAP OLEH PANCA INDRA ”(KESADARAN INDRAWI)”, KONSENTRASI LEBIH BANYAK KE ”OUTER COSMOS” (DUNIA LUAR DIRI).

PADA KONDISI INI OTAK  DIRANGSANG  MENGELUARKAN ”HORMON KORTISOL DAN NOREFINEFRIN” PENYEBAB DARI RASA CEMAS, KHAWATIR, MARAH DAN STRESS, AKIBATNYA PENYAKIT MUDAH DATANG JIKA TERLALU AKTIF DIGELOMBANG INI.

KONDISI SEPERTI INI TIDAK AKAN MENGANTARKAN ORANG ”NGE-MATCH (TUNE IN/SELARAS)” DENGAN ALAM SEMESTA  MELAIKAN TERJEBAK DALAM KONDISI DILUAR ”SERVICE AREA”, IA TERKUNGKUNG DIDALAM ”EGO-NYA”, KESADARAN BERSIFAT INDIVIDUAL,  MENYADARI LINGKUNGANNYA HANYA SEBATAS KESADARAN BERSIFAT FISIK.   DALAM AL-QUR’AN DISEBUT LEBIH TERTARIK KEPADA DUNIA DARI PADA AKHERAT,  SEHINGGA JAUH DARI TUHAN .

FREQUENSI GETARAN OTAK  8 -13,9  HZ 
KONDISI ALAM  ALFA (Khusyuk, Relaksasi, Medita-tif, Focus-alertness, Super-learning, Akses nurani bawah-sadar, Ikhlas, Nyaman, Tenang, Santai,    Istirahat, puas, Segar, Baha gia, Endorphine, Serotonin).
PADA ORANG DEWASA, DAN ANAK-ANAK USIA 7-14 TAHUN, PADA KONDISI INILAH TERLETAK ”TOMBOL IKHLAS”,  KEADAAN ”RELAXED ALERNESS”, KONDISI JIWANYA LEBIH TENANG, SABAR,  DITEMUKAN PADA ORANG YANG SERING KONSENTRASI/RILEKS/ TAFAKUR/MERENUNG /MENCARI JATI DIRI/MELAMUN ATAU BERKHAYAL. KONDISI INI PINTU MASUK MENUJU KE PIKIRAN BAWAH SADAR, OTAK AKAN BEKERJA LEBIH OPTIMAL, SESEORANG  MULAI MEMASUKI ALAM ”INNER COCMOS” (DUNIA DALAM DIRI), TIDAK LAGI TERLALU BERGANTUNG KEPADA KESADARAN INDRAWINYA, MESKIPUN INDRAWINYA MASIH TETAP AKTIF.

DALAM KONDISI GELOMBANG INI OTAK MEMPRODUKSI ”HORMON SERETONIN DAN ENDORFIN” YANG MENYEBABKAN RASA NYAMAN, TENANG, BAHAGIA, IMUNITAS TUBUH MENINGKAT, PEMBULUH DARAH TERBUKA LEBAR, DETAK JANTUNG STABIL, DAN KAPASITAS INDRA MENINGKAT, PADA KONDISI TOMBOL IKHLAS INILAH MEMUDAHKAN KITA MENCIPTAKAN RASA IKHLAS SEJATI DI HATI DAN MEMBUKA AKSES MENUJU ”REALITA KUANTUM”.

SESEORANG MULAI MENGAKTIFKAN RASIONALITAS SECARA LEBIH ”HOLISTIK” DAN KONDISI SEPERTI INI DISEBUT ”KESADARAN RASIONALITAS  ATAU KEASADARAN ILMIAH”, IA BISA MENG-EKSPLOERASI ALAM SEMESTA DALAM DIRINYA LEBIH INTENSIF. 

KONDISI SEPERTI INI SERING DITEMUKAN PADA PARA ILMUAN, SENIMAN, ORANG BERMEDITASI, AHLI DZIKIR DAN SHOLAT KLHUSUK,  ORANG SEDANG BERPROSES MENUJU TIDUR.

FREQUENSI GETARAN OTAK   4 – 7,9  HZ
KONDISI ALAM  THETA (Sangat Khusyuk, Deep-meditation, Pro blem-solving, Mim pi, Intuisi, Nurani bawah sadar, Ikhlas, Kreatif, Itegratif, Hening, Imajinatif, Cate cholamines, AVP /Arginine         veso    
pressin).
KONDISI TIDUR DISERTAI MIMPI, DITEMUKAN  JUGA PADA ANAK-ANAK USIA 3-6 TAHUN, IMFORMASI SECARA BERKALA DIKIRIM DARI SUATU AREA KE AREA LAIN,  DARI ”HYPOKAMPUS” KETEMPAT LAIN YANG LEBIH PERMANEN DI ”CORTEX”.

PIKIRAN MENJADI SANGAT KREATIF DAN INSPIRATIF, KONDISI KHUSYU’,  RELAKS YG DALAM, IKHLAS, PIKIRAN SANGAT HENING, INDRA KE ENAM ATAU INTUISI MUNCUL, HAL INI KARENA OTAK MEMPRODUKSI ”HORMON MELATONIN, CATECHOLAMINE DAN AVP
(ARGININE VASOPRESSIN)”. DI GELOMBANG INI AKSES MENUJU KE REALITAS KUANTUM AKAN SEMAKIN NYATA.

ANTARA ALAM AFA MENUJU  WILAYAH THETA BERADA DIWILAYAH SANGAT RAWAN, KARENA BERADA DI ANTARA SADAR DAN TIDAK SADAR,  KONDISI KEASADARANNYA MULAI HILANG SAMPAI TERTIDUR. 

DALAM KONDISI SEPERTI INI ORANG BISA DIPENGARUHI OLEH HIPNOTISME ATAU KERASUKAN MAKHLUK GHAIB.  ALAM BAWAH SADARNYA BERPERAN LEBIH DOMINAN DARI KONDISI SADAR,  PROSES ”TERAPHY TENAGA DALAM ATAU HYPNOTERPHY”, KONDISI SEPERTI INI SANGAT IDEAL UNTUK PERCEPATAN PENYELESAIAN PENYAKIT SESEORANG.

TERNYATA KONDISI PERALIHAN ANTARA ALAM ALFA KE THETA ADALAH KONDISI IDEAL UNTUK BERDZIKIR ATAU SHOLAT  KHUSUK. KARENA PADA KONDISI INI SESEORANG MULAI TERLEPAS DARI KETERKUNGKUNGAN PANCA INDRA, DAN MEMASUKI WILAYAH KESADARAN UNIVERSAL.

PADA KONDISI SEPERTI INI SESEORANG MEMASUKI GETARAN  FREKUENSI ISI INFORMASI KUALITAS  JIWA ”(CONTENT)” MENGHASILKAN SINYAL-SINYAL INFORMASI YANG MAMPU DIKIRIMKAN KESEGALA DIMENSI ALAM,    JIKA IA MAMPU MEMPERTAHANKAN  KEDUA KESADA-RANNYA  ATAU DISEBUT JUGA ”TIDUR YANG TERJAGA”

KONDISI RELAKSASI YANG DALAM DIBARENGI BER-DZIKIR KEPADA ALLAH, MAKA IA TELAH MEMASUKI JARINGAN UNIVERSAL YAITU SEBUAH SYSTEM INFORMASI CANGGIH BEBAS HAMBATAN BAIK HAMBATAN DIMENSI WAKTU, RUANG, JARAK DAN ENERGI, MAKA FREKUENSI GETARAN JIWANYA AKAN SANGAT LELUASA ”TUNE IN (NGE-MATCH)” DENGAN ALAM SEMESTA DI BERBAGAI DIMENSI.

FREQUENSI GETARAN OTAK  0,1 -  3,9 HZ
KONDISI ALAM  DELTA (Tidur lelap/tanpa mimpi,  Non-physical state,
Nurani bawah-sadar kolektif,  Tidak ada pikiran dan perasaan, Celluler regene ration,  HGH/ Human Growth Hormone)
KONDISI TIDUR NYENYAK/PULAS TANPA MIMPI, TIDAK SADAR, TAK BISA MERASAKAN BADAN, TIDAK BERFIKIR,  PINGSAN ATAU KOMA, MATI SURI, KONDISI OTAK TIDAK MELAKUKAN APA-APA, PROSES KESARAN INDRAWI SESEORANG LENYAP SAMA SEKALI, DIRI-NYA SEPENUHNYA DIKENDALIKAN OLEH ALAM BAWAH SADAR, FREQUENSI GETARAN OTAK SEPERTI INI SERING DITEMUKAN JUGA PADA OTAK BAYI.

PADA GELOMBANG INI OTAK MEMPRODUKSI ”HORMON HGH (HUMAN GROWTH HORMONE/HORMON PERTUM-BUHAN)” YANG BISA MEMBUAT ORANG AWET MUDA.  BILA SESORANG TIDUR DALAM KEADAAN DELTA STABIL BEBERAPA MENIT DIA AKAN BANGUN DENAGN TUBUH TETAP SEGAR.

  
           CATATAN : - CLOCK  (FREQUENSI PEMBAWA)” ADALAH SUATU KONDISI FREQUENSI GRLOMBANG OTAK YANG MAMPU SELARAS DENGAN GELOMBANG FREKUENSI DAN SYSTEM INFORMASI ALAM SEMESTA,  SEHINGGA AKAN MENGHANTARKAN  SESEORANG UNTUK MAMPU BERKOMUNIKASI DENGAN ALLAH.

                                       - CONTENT (FREQUENSI ISI INFORMASI)”  ADALAH SUATU KEADAAN DIMANA KUALITAS FREQUENSI GETARAN JIWA SESEORANG MAMPU SELARAS DENGAN SYSTEM IMFORMASI ALAM SEMESTA,  SEHINGGA AKAN MEMPERMUDAH IA MENANGKAP SINYA-SINYAL ALAM SEMESTA YANG AKAN MENGHANTARKAN  SESEORANG MAMPU DENGAN MUDAH BERKOMINKASI DENGAN ALLAH.   

 -  KEDUA KONDISI INI AKAN MENGHANTAR SESORANG MEMASUKI ALAM INNER COSMOS YANG MEMILIKI JIWA YANG LEMBUT, KONTEMPELATIF DAN TRANSENDEN, DENGAN FREQUENSI AURA YANG MENINGGI MENGARAH KE UNGU MALAH PUTIH CEMERLANG (AURA PARA NABI DAN ORANG-ORANG SHOLEH).

  - SUMBER:  EBE SENTANU DALAM BUKU ”QUANTUM IKLAS, TEKNOLOGI AKTIVITAS KEKUATAN HATI  (THE POWER OF POSITIVE FEELING)”,  2007  DAN  ABU SANGKAN DALAM BUKU ”MENGHIDUPKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL BERGURU KEPADA ALLAH,    2007.”


HUBUNGAN ANTARA KEJERNIHAN WARNA AURA  DOMINAN
(AURA BRIGHTNESS)  DAN PENGARUHNYA  TERHADAP KONDISI FISIK DAN ROHANI  SESEORANG  (DIPANTAU MENGGUNAKAN ALAT COMPUTERIZED MULTIMEDIA BIOFEEDBACK SYSTEM/CMBS)


No
WARNA AURA DASAR DOMINAN
KONDISI  FISIK DAN ROHANI DOMINAN 
KETERANGAN
1
2
3
4
1.
 WARNA MERAH
WARNA AURA MERAH GELAP DITEMUKAN PADA ORANG YANG  EMOSIONAL TINGGI DAN MENGGEBU-GEBU, SEDANG STRESS ATAU MENGALAMI GONCANGAN  JIWA,  SEDANG TERGESA-GESA, SEDANG GILA MATERI BERLEBI-HAN,  TERLALU PERCAYA DIRI DAN SOMBONG, ORANG PENDENDAM, SERAKAH, PENGHASUT, PROVOKA-TOR, DUKUN ILMU HITAM. 
SEBALIKNYA WARNA MERAH CERAH BISA BERMAKNA KEKUATAN, KEGEMBIRAAN, KEBERANIAN, KERAMAHTAMAHAN, CINTA MURNI SEPERTI  WARNA MERAH MUDA.
DENGAN JALAN   BER-TOBAT DIBARENGI DENGAN  BER-DZIKIR KHUSUK, IKHLAS WAR-NA AURA AKAN  BEROBAH KE-ARAH MERAH CERAH, JINGGA CERAH, KUNING CERAH, ORANYE CERAH, KU-NING CERAH, HIJAU CERAH, BIRU CERAH, NILA CERAH, UNGU CERAH DAN AKHIRNYA BESEMU PUTIH.
2.
JINGGA






WARNA AURA JINGGA GELAP BERMAKNA KURANG BAIK KARENA MENUNJUKKAN SIFAT KETIDAK MAMPUAN MENGENDALIKAN EMOSI, SUKA MEMANJAKAN DIRI SECARA BERLEBIHAN.  SEBALIKNYA JINGGA CERAH  DAN JERNIH, MENUNJUKKAN SUKA KERAPIAN, MEMILIKI JIWA SOSIAL DAN TERBUKA.  
DENGAN BERDZIKIR IKHLAS/KHUSUK/EFEK-TIF   AURA BERGERAK  KE ARAH JINGGA CERAH, KUNING CERAH, HIJAU CERAH, BIRU CERAH, NILA CERAH,   UNGGU CERAH BAHKAN MENGARAH            PUTIH.       

3.
KUNING
WARNA AURA KUNING GELAP MENGGAMBARKAN SIFAT KETIDAK JUJURAN, AKAL DAN KECER-DIKANNYA MENGARAH KEPADA TIPU MUSKLIHAT.  KUNING KERUH DAN KABUR MENUNJUKKAN SIKAP KEMALASAN.
SEBALIKNYA KUNING CERAH DAN JERNIH MENUNJUKKAN SIFAT-SIFAT INTELEKTUALITAS DAN PENUH PERTIMBANGAN, BAHKAN KUNING YANG SANGAT TERANG DAN JERNIH MENUNJUKKAN SIFAT YANG MENGARAH PADA LOGIKA SPIRITUAL YANG BAGUS.

DENGAN BERDZIKIR IKHLAS/KHUSUK/ EFEK-TIF   AURA KUNING GELAP  BERGERAK  KE ARAH KUNING CERAH, HIJAU CERAH, BIRU CERAH, NILA CERAH,   UNGGU CERAH BAHKAN MENGARAH            PUTIH
4.
 WARNA  HIJAU  
ORANG YANG MEMILIKI WARNA  AURA HIJAU GELAP MENUNJUKKAN SIFAT PENUH DENGAN KECUMBURUAN BUTA, JIKA HIJAU KERUH MENUNJUKKAN SIFAT IRI, DENGKI, TIDAK JUJUR, DAN PENGHKHIANAT.
JIKA AURA BERWARNA HIJAU CERAH DAN JERNIH MENUNJUKKAN SIFAT KASIH SAYANG DAN BELAS KASIH YANG TINGGI, HUMANISTIK, DAN PENUH DENGAN SIMPATIK KEPADA ORANG LAIN SERTA SIFAT LEMAH LEMBUT LAINNYA. 
JIKA BER-WARNA HIJAU KEABU-ABUAN MEMILIKI SIFAT SUKA BERKHAYAL ATAU SEDANG DALAM SUASANA DEPRESSI  MENTAL. 
 
DENGAN MELAKUKAN DZIKIR IKHLAS/KHUSUK /EFEKTIF   AURA HIJAU  GELAP  BERGERAK  KE ARAH HIJAU CERAH, BIRU CERAH, NILA CERAH,   UNGGU CERAH BAHKAN MENGARAH            KEPUTIHAN.
6.
WARNA BIRU
WARNA AURA BIRU GELAP DAN KUSAM TERDAPAT PADA ORANG YANG SEDANG MENGALAMI  PENYESALAN YANG MENDALAM  BAHKAN MENDEKATI PUTUS ASA.
SEBALIKNYA WARNA BIRU CERAH MENUNJUKKAN SIFAT KESETIAAN, PENGABDIAN, IMAJINASI, IDEA-LISME.

WARNA AURA BIRU GELAP  DENGAN MELA-KUKAN DZIKIR KHUSUK, IKHLAS DAN EFEKTIF WARNA AURA BEROBAH KEARAH BIRU CERAH,  UNGU CERAH DAN AKHIRNYA KEPUTIH -PUTIHAN . 
7.
 WARNA NILA
WARNA AURA NILA GELAP TIDAK PEDULI KEPADA SESAMA, INTROVERT (SIFAT TERTUTUP).
SEBALIKNYA WARNA AURA NILA TERANG MENGGAMBARKAN   SESE-ORANG YANG MEMILIKI SIFAT KEPUDULIAN YANG TINGGI TERHADAP SESAMA, BERTANGGUNG JAWAB   DAN KESADARAN  SPIRI-TUALITAS YANG KUAT, SANGAT  TERTARIK KEPADA DUNIA DALAM (INNER COSMOS), HAL-HAL GHAIB.

JIKA ORANG SEPERTI INI TERUS MENERUS MENINGKATKAN KEMAM-   PUAN BERDZIKIRNYA  SECARA EFFISIEN, KHUSUK, IKHLAS WARNA AURA BEROBAH  KE-ARAH NILA CERAH  DAN AKHIRNYA MENGARAH  KE PUTIH. 
8.
 WARNA UNGU







WARNA AURA UNGU GELAP BERARTI SESEORANG BERADA DALAM KONDISI LEMAH DAN SEDANG MENJURUS KE KONDISI SAKIT ATAU DAPAT BERMAKNA ANGKUH, CONGKAK, SOMBONG, EGOIS DAN SUKA SEREMONIAL.
SEBALIKNYA WARNA AURA UNGU CERAH MENGGAMBARKAN SIFAT PRIKEMANUSIAAN YANG TINGGI, KEBANGKITAN SPIRITUAL DAN INTUITIF.

JIKA ORANG SEPERTI INI MAMPU   MEMPERTA-HANKAN DAN MENING- KATKAN KONDISINYA DENGAN BER-DZIKIR EFFISIEN, KHUSUK, IKHLAS WARNA AURA BEROBAH KEARAH UNGU DAN AKHIRNYA  PUTIH CERAH.  
9.
 WARNA  PUTIH
WARNA AURA PUTIH MERUPAKAN PENGGABUNGAN DARI SELURUH WARNA MENJADI SATU MENYE-BABKAN TERJADINYA HARMONI-SASI SELURUH GELOMBANG WARNA YANG MEMILIKI  FREQUENSI TINGGI.
WARNA AURA INI MENUNJUKKAN SIFAT PERFEKSIONIS, MENJUJUNG TINGGI NILAI KEMANUSIAAN, KESELARASAN, IDEALISME YANG TINGGI, KESEMPURNAAN DAN KESADARAN SPIRITUAL YANG MENDALAM.   
WARNA AURA PUTIH MENJURUS KE JERNIH MENUNJUKKAN KONDISI KESEMPURNAAN SPIRITUALNYA.
TERDAPAT LINGKARAN CAHAYA DISEKITAR WAJAH  YANG DISEBUT DENGAN “HALO”.

WARNA AURA PUTIH INI JIKA DIBARENGI DENGAN KEPASRAHAN TOTALITAS KEPADA ALLAH SANG PENCIPTA AKAN MENUNJUKKAN KONDISI FISIK DAN KEJIWAAN YANG TEN-TRAM, DAMAI SELARAS, SERASI, SEIMBANG DAN HARMONIS DAN  MEMI-LIKI FREKUENSI GELOM-BANG ENERGI SANGAT HALUS, LEMBUT DAN  TINGGI HINGGA TAK TERBATAS.
 
            CATATAN :

                SUMBER:   AGUS MUSTAFA DALAM BUKU “DZIKIR TAUHID”,  SERIAL DISKUSI TASSAWAUF MODERN,      2006.


HUBUNGAN ANTARA SESUATU KEADAAN PRILAKU ALAM SEMESTA
KAITANNYA TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN

No
KONDISI ATAU KEADAAN
PENJELASAN  AYAT-AYAT AL-QUR’AN
PENJELASAN SINGKAT
1
2
3
4
1.
TIDAK          ADA
BENDA MATI MUTLAK         DI
ALAM  SEMESTA
 QS.  AL-HAJJ :  5.



 
                  
                                     
QS.   NUH :  17-18.



 QS.   AR-RA’DU: 2.



QS.   IBRAHIM: 33.



QS.  AN -FUSHSHI- LAT: 39.
AYAT INI MENJELASKAN ASAL MULA KEJADIAN MANUSIA DARI TANAH, KEMUDIAN KELANJUTAN PROSES KEJADIANNYA DAN PERTUMBUHAN-NYA SAMPAI TUA,  KEMUDIAN PERNYATAAN BAHWA BUMI ITU HIDUP.

AYAT  INI MENJELASKAN MANUSIA DIHIDUPKAN DARI TANAH DAN AKAN KEMBALI KETANAH.


AYAT  INI MENJELASKAN BENDA-BENDA ALAM SEMESTA INI BEREDAR PADA GARIS ORBITNYA.

AYAT  INI MENJELASKAN BENDA-BENDA ALAM SEMESTA INI TERUS MENERUS BEREDAR SEHINGGA ADA SIANG DAN MALAM.

AYAT  INI MENJELASKAN BUMI HIDUP.

2.
ALAM  SEMESTA
BESERTA ISI-NYA BERTASBIH KEPADA ALLAH
QS. AL-HASYIR: 1.



QS. AR-RA’DU : 13.


QS. SHAAD : 18.



QS. BANI ISRAIL : 44.


QS. AN-NUUR : 41.


QS. AL-HADIID : 1; ASSHSHAF: 1 DAN AL-JUM’AH : 1.

QS. AN-NAHL : 4 ; QS. AL-KAHFI : 54.

QS. SHAAD : 17.


QS. AL-HAJJ : 3 DAN 8.


QS. A’RAAF : 45 DAN 202; AL-BAQARAH :  6.
AYAT  INI MENJELASKAN LANGIT DAN BUMI BESERTA ISINYA BERTASBIH  KEPADA ALLAH.

AYAT  INI MENJELASKAN  GURUH, MAUPUN  MALAIKAT   BERTASBIH KEPADA ALLAH.

MENYATAKAN GUNUNG-GUNUNG BERTASBIH PETANG DAN PAGI  DEMIKIAN JUGA DAUD.

MENYATAKAN SEMUA LANGIT, BUMI DAN SEMUA MATERI ALAM SEMESTA BERTASBIH KEPADA ALLAH.

MENYATAKAN LANGIT, BUMI, BURUNG BERTASBIH SERTA SHALAT KEPADA ALLAH.

MENJELASKAN APA SAJA YANG ADA DI LANGIT DAN DI BUMI BERTASBIH KEPADA ALLAH.

MENYATAKAN MANUSIA PALING SUKA MEMBANTAH.

MENYATAKAN DAUD ADALAH  MANUSIA YANG TAAT.

MENYATAKAN MANUSIA INGKAR KEPADA ALLAH TANPA PENGETAHUAN.


MENJELASKAN ORANG KAFIR DAN SYETAN-SYETAN  INGKAR KEPADA ALLAH.

3.
KEDAULATAN TUNGGAL KEPA-DA ALLAH
QS. AL-FURQAN : 2;  AR-RA’D : 2  DAN AL-A’RAAF :  54.
MENJELASKAN  ALLAH MENCIPTAKAN SEGALA SESUATU DI ALAM SEMESTA  DAN MENETAPKAN UKURAN-UKURANNYA SERTA MENGATURNYA DARI  ‘ARSY.

4.
PUSARAN ALAM SEMESTA
QS. AR-RA’D : 2  ;  AL-MUKMINUN : 86 DAN 116;  AL-A’RAAF :  54 ;  ALI-IMRAN :  189 ; AL-BAQARAH :  107;  YUNUS : 3 ; HUD : 7 DAN AL-ANBIYAA: 22.

QS. AZ-ZUMAR : 75;  AL-MUKMIN :7 DAN AL-HAQQAH : 17.
QS. AS-SHAAFFAT : 164-165 DAN AL-FAATHIR : 1.

MENYATAKAN KAN ALLAH MEMILIKI DAN MENGATUR ALAM SEMESTA INI MELALUI ’ARSY.





MENJELASKAN TENTANG MALAIKAT MEMIKUL DAN MENGELILINGI ’ARSY.


MENJELASKAN KEDUDUKAN MASING-MASING MALAIKAT.
6.
ALAM SEMESTA BERPASANG-PASANGAN
QS. ADZ-DZAARI-YAAT : 49.


QS. AL-FAATHIR : 41.


QS. AL-ANBIYAA: 30.

MENJELASKAN ALLAH MENCIPTAKAN SEGALA SESUATU BERPASANG-PASANGAN.

MENYATAKAN HANYA ALLAH YANG DAPAT MENAHAN LANGIT DAN BUMI AGAR TIDAK LENYAP.

MENJELASKAN LANGIT DAN BUMI AWALNYA PADU KEMUDIAN DIPISAHKAN.
7.
JANGAN MELA-WAN ARUS
QS. LUQMAN : 22 ;  AL-BAQARAH :  256.


QS. AL-MAIDAH :  35
TENTANG BERSERAH DIRI DAN BERPEGANG TEGUH PADA JALAN ALLAH.


PERINTAH UNTUK MENCARI JALAN MENDEKATKAN DIRI DAN BERJIHAD DI JALAN ALLAH.
8.
KESEIMBANGAN ALAM SEMESTA
QS. AL-MULK :  3 DAN AL-INFI-THAAR :  7.

QS. RUUM : 41 ; AL-ANFAAL : 73;  AL-BAQARAH : 12 DAN AL-A’RAAF : 56.

QS. ASY-SYU’ARAA : 183.
ALLAH MENCIPTAKAN ALAM SEMESTA DAN  MANUSIA SEIMBANG.


MENYATAKAN MANUSIA BERBUAT KERUSAKAN DI BUMI.



MELARANG MANUSIA MERUGIKAN MANUSIA LAIN  DAN JANGAN MELAKUKAN KERUSAKAN.

9.
BAIK DAN BURUK
QS. ASY-SYAMS : 8-10.
QS. AL-BAQARAH  : 59, AZ-ZUHRUF : 76 DAN AL-ANFAL : 51.



QS. AL-ANFAL :73.
MENJELASKAN ALLAH MENGILHAM SIFAT FUJUUR DAN TAQWA.
MENJELASKAN ORANG DZOLIM DISIKSA KARENA  FASIK SEBAB  MEREKA MENGANIAYA DIRI SENDIRI, BUKAN ALLAH YANG MENGANIAYA MEREKA  MELAINKAN BALASAN ATAS PERNBUATAN MEREKA SENDIRI.

MENJELASKAN ORANG KAFIR PELINDUNG BAGI PENGIKUTNYA, MAKA  KAUM MUSLIMIN HARUS MELAKSANAKAN PERINTAH ALLAH AGAR TIDAK TERJADI KEKACAUAN DAN KERUSAKAN.

10.



BY PASS MENUJU KE KEDAULATAN YANG MAHA TUNGGAL
QS. AL-QASHASH : 88. 



QS. YUSUF : 105.


QS. Al- BAQARAH:  185.




QS. Al- BAQARAH:  18


QS. MARYAM:  96 DAN AL-AN’AAM: 12.


QS. AL-MUKMINUN :  71.
MENYATAKAN TIAP-TIAP SESUATU PASTI BINASA KECUALI ALLAH,  KEPADANYALAH SEGALA SESUATU AKAN DIKEMBALIKAN.

MENJELASKAN TANDA-TANDA KEBESARAN ALLAH DILANGIT DAN DIBUMI.

MENJELASKAN AL-QUR’AN DIRURUN-KAN PADA BULAN RAMADHAN SEBAGAI PETUNJUK, PENJELAS DAN PEMBEDA YANG HAQ DAN YANG BATHIL.

MENJELASKAN ALLAH DEKAT DAN MENGABULKAN DO’A ORANG YANG BERMOHON DAN BERIMAN DALAM KEBENARAN.

MENJELASKAN ORANG BERIMAN DAN BERAMAL SHOLEH ALLAH AKAN MENANAMKAN RASA KASIH SAYANG DALAM HATINYA.

MENJELASKAN JIKA KEBENARAN MENGIKUTI HAWA NAFSU PASTI BINASALAH LANGIT DAN BUMI.

11.
SIFAT-SIFAT YANG MEMBE-LENGGU
QS. AN-NAJM: 13-18.






QS. AN-NISAA’ : 164.

QS.  ASY-SYU’A-RAA’ : 63.  DAN AL-BAQARAH : 60.


QS. AL-KAHFI : 82.
MENERANGKAN NABI MUHAMMAD TELAH MELIHAT JIBRIL DALAM RUPA ASLI, SIDRATHAL MUNTHAHA, SURGA, DAN PENGLIHTANNYA TIDAK BERPALING DARINYA DAN IA TELAH MELIHAT SEBAHAGIAN DARI TANDA-TANDA KEKUASAAN ALLAH PALING BESAR.

MENYATAKAN ALLAH BERBICARA LANGSUNG KEPADA MUSA.

MENCERITAKAN TONGKAT MUSA MEMBELAH LAUT MERAH DAN MEMUKUL BATU SEHINGGA MENGELUARJKAN AIR.

PELAJARAN KESABARAN DARI NABI KHAIDIR KEPADA MUSA TENTANG SIMPANAN HARTA ANAK YATIM DIBAWAH DINDING SEBUAH RUMAH.

12
SOMBONG, RIYA’ DAN UJUB
QS. AN-NISAA’ : 36;  BANI ISRAIL: 37; AL-QIYAMAH :32-33;  AL-FATHIR 43;  AL-MULK:  21;  AL-A’RAAF:  13-36-40.
MENJELASKAN ALLAH TIDAK MENYUKAI ORANG SOMBONG DAN MEMBANGA-BANGGAKAN DIRI, ORANG SOMBONG TIDAK DAPAT MENEMBUS BUMI DAN SETINGGI GUNUNG, ORANG SOMBONG BERDUSTA DAN BERPALING, RENCANA ORANG SOMBONG AKAN MENIMPA DIRINYA SENDIRI, ORANG SOMBONG AKAN TERUS MENERUS DALAM KESOMBONGANNYA, MEREKA TIDAK AKAN DIBUKA PINTU LANGIT DAN TIDAK AKAN MASUK SURGA, MEREKA AKAN DIUSIR DARI SURGA DAN MEREKA AKAN MENJADI PENGHUNI NERAKA DAN KEKAL DIDALAMNYA.

13. 
PEMARAH, DEN-DAM DAN BENCI
QS. ASY-SYUURA :  37.



QS. AL-QALAM : 48 ; AT-TAUBAH : 128.



QS. ALI IMRAN: 133-134 :  AL-A’RAAF : 43.
MENJELASKAN ORANG-ORANG YANG MENJAUHI DOSA BESAR DAN KEJI ADALAH PEMA’AF MAKA PAHALANYA TANGGUNGAN ALLAH.

MENJELASKAN PERINTAH KESABARAN KEPADA MUHAMMAD, BERAT TERASA PENDERITAAN OLEHNYA, DIA AMAT BELAS KASIH DAN PENYAYANG KEPADA KAUMNYA.

AMPUNAN DAN SURGA BAGI ORANG BERTAQWA, ALLAH MENYUKAI ORANG YANG MENAHAN AMARAH DAN MEMA’AFKAN  DAN MENCABUT SEGALA MACAM DENDAM DIDALAM HATINYA DAN MEWARISKAN SURGA KEPADA MEREKA.

14
SERAKAH, IRI DAN DENGKI
QS. AN-NISAA’ : 32; AL-BAQARAH : 90 DAN 96; AL-FALAQ : 5; MUHAMMAD : 29  DAN BANI ISARIL 72.
MENJELASKAN ALLAH MELARANG SIFAT IRI DENGKI, KARENA MEREKA MENJUAL DIRINYA DENGAN KEKAFIRAN DAN KEJEHATAN, KEDENGKIAN ADALAH PENYAKIT HATI, ORANG DENGKI PALING SERAKAH, MEREKA  BUTA HATINYA DAN DI AKHERAT IA AKAN LEBIH BUTA.

15. 
PEMBOHONG, PENGHIANAT  DAN PENIPU
QS. AL-AHZAB: 60;  AN-NISAA’ : 145;  AL-MAIDAH: 63; AN-NUUR: 15 DAN AL-AN’AAM :112.
MENJELASKAN ORANG MUNAFIK HATINYA BERPENYAKIT KARENA SUKA BERBOHONG, LETAK MEREKA DI NERAKA PALING BAWAH, PERKATAAN BOHONG MEREKA AMAT BURUK. KEBOHONGAN MEREKA DIANGGAP RINGAN DAN BAGI ALLAH ADALAH BESAR, MEREKA MENDAPAT BISIKAN DARI SYETAN JENIS MANUSIA MAUPUN JENIS JIN, PERKATAAN MEREKA INDAH-INDAH UNTUK MENIPU.

16.
JUJUR DAN RENDAH  HATI
QS. AL-ANFAL: 58  DAN AL-FURQAN: 63.
MENYATAKAN PERINTAH UNTUK BERLAKU JUJUR, ORANG JUJUR ADALAH RENDAH HATI DAN ALLAH TIDAK SUKA ORANG BERKHIANAT.
17.
SISTEM INFOR-MASI ALAM SEMESTA
QS. IBRAHIM :  3; AN-FUSHSHULAT : 52;  AL-A’RAAF: 7.





QS. AN-NAAZI’AAT: 3-5;  AL-QADR: 4: YUNUS : 3; AS-SAJADAH : 5; AL-MA’ARIJ: 4.
MENJELASKAN SIAPA YANG LEBIH  MENYUKAI KEHIDUPAN DUNIA DARI KEHIDUPAN AKHIRAT, MEREKA DALAM KESESATAN YANG NYATA, MEREKA MENGINGKARI AL-QUR’AN, MEREKA DALAM PENYIMPANGAN YANG JAUH SEDANGKAN ALLAH SANGAT  DEKAT DENGAN MEREKA.

MENJELASKAN MALAIKAT BERLARI KENCANG KECEPATANNYA SATU HARI SEBANDING DENGAN SERIBU TAHUN DAN JIBRIL NAIK LIMA PULUH RIBU TAHUN DAN MENGATUR SEGALA URUSAN ATAS PERINTAH  TUHAN,  DAN ALLAH BERSEMAYAM DI ‘ARSY MENGATUR SEGALA URUSAN.

18.
KHUSUK
QS. AL-BAQARAH: 45-46.





QS. BANI ISRAIL: 106-110.











QS. AL-ANBIYAA’ : 90.
PERINTAH UNTUK MEMINTA PERTOLONGAN DENGAN SABAR DAN SHOLAT DAN  ITU  SUNGGUH TIDAK BERAT BAGI ORANG YANG KHUSYU’ DAN ORANG YANG YAKIN AKAN MENEMUI TUHANNYA DAN KEMBALI KEPADANYA.

AL-QUR’AN DITURUNKAN SECARA BERANGSUR-ANGSUR AGAR DAPAT MEMPELAJARINYA  PERLAHAN-LAHAN, BERIMANLAH KEPADANYA, BAGI ORANG BERPENGETAHUAN JIKA DIBACAKAN KEPADANYA MAKA IA SUJUD SAMBIL MENANGIS DAN MEREKA BERTAMBAH KHSYU’.
SERULAH ALLAH ATAU AR-RAHMAN, DIA PUNYA ASMA’UL HUSNA JANGAN MENGERASKAN SUARAMU DALAM SHOLAT DAN JANGAN PULA MERENDAHKANYA DAN CARILAH JALAN TENGAH.

ORANG YANG BERSEGERA MENGERJAKAN PERBUATAN BAIK DAN BERDO’A DENGAN HARAP CEMAS ADALAH ORANG YANG KHUSYU’.

19.
HARMONISASI AURA


20.
WARNA AURA CERAH


21.
FREQUENSI GE-TARAN LEMBUT MENENTRAMKAN JIWA


22.
DZIKIR DASAR DAN TOTALITAS


 
            CATATAN :

  SUMBER:   AGUS MUSTAFA DALAM BUKU ”DZIKIR TAUHID”, SERIAL DISKUSI TASSAWUF MODERN,      2006.


TIGA PEMBAGIAN BESAR WILAYAH KERJA GLOBAL OTAK


No
PEMBAGIAN WILAYAH
WILAYAH OTAK
TUGAS DAN FUNGSI
1
2
3
4
1.
WILAYAH I
KULIT OTAK (CORTEX CEREBRI), BAGIAN TERLUAR DARI OTAK.
WILAYAH INI MERUPAKAN BASIS DARI AKTIFITAS YANG BERKAITAN DENGAN KEMAMPUAN RASIONAL  SESEORANG, MULAI DARI KEMAMPUAN MENERIMA RANGSANGAN PANCA INDERA, MEMAHAMINYA, MENGANALISA, DAN KEMUDIAN MERESPONS SECARA MOTORIK.

KEMAJUAN TEKNOLOGI MUTAKHIR SAAT INI ADALAH BUKTI KEHASILAN SEBAGIAN DARI CARA BERFIKIR RASIONAL DARI KULIT OTAK. 

2.
WILAYAH II
SISTTEM LIMBIK DAN BAGIAN LAIN DARI OTAK YANG MASIH SANGAT MISTERIUS.
WILAYAH INI BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP FUNGSI LUHUR YANG SANGAT ERAT DENGAN EMOSI SESEORANG.  SIKAP JUJUR, ADIL, PEMAAF, PENDENDAM, RASA BERSALAH, KEADILAN, MENCINTAI, MENYAYANGI, MEMBENCI, SEDIH, GEMBIRA DAN MENDERITA DIATUR MEKANISME-NYA DIWILAYAH BAGIAN TENGAH OTAK, TERMASUK DIDALAMNYA ADALAH ”AMYGDALA” SEBAGAI PUSAT INGATAN EMOSI.

ADA BEBERAPA KOMPONEN OTAK YANG TERLIBAT DALAM SISTEM PENGATURAN FUNGSI LUHUR DAN NILAI-NILAI  YAITU:  ”GYRUS CINGULATA, THALAMUS, HIPPOCAMPUS, NUC- LEUS BASAL, PREFRONTAL CORTEX DAN AMYGDALA”.  TIGA DAIANTARANYA BERADA DI WILAYAH  I (KULIT OTAK) BERPERAN DALAM AKTIFITAS RASIONAL.  SELEBIHNYA BERADA DI BAGIAN BAWAH KULIT OTAK ATAU BAGIAN YANG BERKAIT DENGAN EMOSIONAL. 

TERNYATA MEKANISME SISTEM LIMBIK  MELIBATKAN DUA FUNSI OTAK SEKALI GUS YAITU FUNGSI RASIONAL DI KULIT OTAK DAN FUNGSI EMOSINAL  DI BAGIAN LEBIH DALAM OTAK.  ARTINYA MUNCULNYA SIFAT EMOSIONAL/RASA DAN NILAI,  IKUT TERLIBAT DIDALAMNYA PIKIRAN-PIKIRAN RASIONAL, SECARA KOLEKTIF MANUSIA TELAH MEMILIKINYA DI BAGIAN TENGAH OTAK.

SISTEM LIMBIK JUGA MENGATUR ALAM PIKIRAN BAWAH SADAR, DIDALAM SISTEM INI TERSIMPAN MEMORI UNIVERESAL TENTANG KEBAIKAN, KEBURUKAN, KEADILAN,  KEJUJURAN, DAN SEGALA SIFAT YANG DIANGGAP BURUK ATAU BAIK OLEH MANUSIA.  MAKA TANPA BELAJAR SEMUA ORANG MENGETAHUI SIFAT UNIVERSAL TERSEBUT, KARENA INGATAN TENTANG SEMUA RASA UNIVERESAL TELAH TERSIMPAN MEMORINYA DALAM SISTEM LIMBIK.

PADA SISTEM LIMBIK INILAH ALLAH TELAH MENGILHAMKAN RASA SEDIH DAN GEMBIRA, RASA BERANI DAN TAKUT, RASA PUAS  DAN  KECEWA, RASA TENTRAM DAN GELISAH, RASA SOMBONG DAN RENDAH HATI, RASA BAHAGIA DAN SENGSARA, BERBAGAI NILAI KEBAIKAN DAN KEBURUKAN. JADI SISTEM NILAI ITULAH YANG MENJADI ACUAN DAN TOLOK UKUR BAGI OTAK UNTUK MENGATAKAN SESUATU TERGOLONG BAIK ATAU BURUK.

BERDASARKAN MEMORI RASA DI DALAM SISTEM LIMBIK, MUNCUL PERINTAH LEWAT SISTEM HORMON ENDOKRIN YANG BERPENGARUH TERHADAP SELURUH ORGAN TUBUH SEPERTI JANTUNG BERDENYUT KENCANG ATAU LEMBUT, BERKERINGAT DINGIN, TANGAN GEMENTARAN, DLL.

3.
WLAYAH III
WILAYAH BATANG OTAK DAN OTAK KECIL.
WILAYAH INI  BERKAITAN  DENGAN FUNGSI DASAR KEHIDUPAN, MERUPAKAN PUSAT PENGATURAN DENYUT JANTUNG, PERNAFASAN, TEKANAN DARAH,  PENGATURAN KESEIMBANGAN  DAN KEHALUSAN GERAKAN.  



CATATAN:  -  SUMBER:  AGUS MUSTAFA DALAM BUKU ”MENYELAM KE SAMUDERA JIWA DAN RUH”, SERIAL DISKUSI TASSAWUF MODERN,      2006.


EMPAT KOMPONEN  OTAK MEMILIKI PERAN PENTING DALAM
PENGENDALIAN KEHIDUPAN MANUSIA


No
NAMA KOMPONEN
WILAYAH  
TUGAS DAN FUNGSI
1
2
3
4
1.
THALAMUS
BAGIAN OTAK DEPAN.
BERFUNGSI MENGATUR PROSES MASUKNYA INFORMASI DARI LUAR OTAK MENUJU KE KULIT OTAK, MENGATUR PROSES TERJADINYA GERAKAN ORGAN-ORGAN TUBUH LEWAT KOORDINASI KULIT OTAK DAN OTAK KECIL, TEMPAT PERSIM-PANGAN SYARAF-SYARAF SEN-SORIK YANG MASUK KE OTAK.

2.
HYPOTHALAMUS
BERADA DIBAWAH THALAMUS
MENGATUR KESTABILAN SUHU BADAN, RASA LAPAR DAN HAUS, KEGIATAN SEKSUAL DAN BERBAGAI AKTIFITAS BADAN LAINNYA TERMASUK PROSES PERTUMBUHAN DAN MENSTRUASI PADA PEREMPUAN YANG DIKENDALIKAN SECARA HORMO NAL.

PADA KASUS SESEORANG MARAH ATAU CEMAS, MAKA KOMPONEN OTAK  INI IKUT BERPERAN DI DALAMNYA.  DAN KETIKA CEMAS BERLEBIHAN, MAKA SISTEM LIMBIK DI OTAK BEREAKSI CEPAT MEMERINTAHKAN HYPPOTHA- LAMUS MELEPAS  HORMON CRF (CORTICOTROPHIN RELEASING FACTOR). 

CRF MELUNCUR MENUJU HIPOFISE DI BAGIAN BAWAH HYPPOTHALAMUS DAN MEMAN CING KELUARNYA HORMON LAIN, SEPERTI ACTH (ADRENOCORTICO TROPHIN HORMONE),  KEMUDIAN MASUK KE ALIRAN DARAH MENUJU KE KELENJAR ANAK GINJAL, LALU MELEPAS HORMON CORTISOL YANG MERANGSANG SYARAF SIMPATISAN MENGELUAR KAN ADRENALIN.  PADA SAAT INILAH JANTUNG TERASA BERDEBAR-DEBAR, BERKERINGAT DINGIN, GEMETARAN, SAMPAI INGIN  BUANG AIR KECIL.

3.
HIPPOCAMPUS
TERLETAK DITE-NGAH OTAK BER BENTUK SEPERTI HURUF C.
BERFUNGSI UNTUK MENYIMPAN MEMORI RASIONAL, TERUTAMA INGATAN JANGKA PENDEK.  IA SEBENARNYA MERUPAKAN BAGIAN DARI KULIT OTAK YANG MENJULUR KE BAGIAN DALAM OTAK, SEHINGGA FUNGSINYA TERKAIT DENGAN PROSES RASIONAL KULIT OTAK.

AKAN TETAPI HIPPOCAMPUS JUGA BERPERAN DALAM SISTEM LIMBIK YANG MENJADI PUSAT FUNGSI LUHUR MANUSIA, BUKAN HANYA FUNGSI EMOSIONAL SEPERTI PERAN DARI AMYGDALA.

PADA SAAT CORTISOL YANG DILEPAS ACTH, IA AKAN MEMPENGARUHI ORGAN-ORGAN LAINNYA SALAH SATUNYA MENYERANG HIIPPOCAMPUS SEBAGAI PUSAT INGATAN RASIO NAL, AKIBATNYA TIMBUL  PERASAAN GUGUP, LUPA TERHADAP MEMORI YANG ADA DI DALAM OTAK.

4
NEUROTRANSMITER
ZAT KIMIA YANG DI PRODUKSI DALAM SEL-SEL SYARAF YANG ADA DI OTAK.
NEUROTRANSMITER TERBAGI ATAS 3 GOLONGAN, YAITU: (1).  KELOMPOK ASAM AMINO SEPER TI GABA DAN GLUTAMAT, (2).  KELOMPOK BIOGENIC AMIN SEPERTI DOPAMIN, ADRENALIN DAN NORADRENALIN DAN (3).  KELOMPOK PEPTIDA SEPERTI NITRIT OKSIDA.
MERUPAKAN AKTOR UTAMA DALAM SISTEM KEHIDUPAN MANUSIA, BERSAMA DENGAN SINYAL-SINYAL LISTRIK SERA-BUT SYARAF DAN HORMON (AKTOR KETIGA DALAM PENYAMPAIAN PESAN DARI OTAK KE SELURUH BADAN).

JIKA SINYAL LISTRIK DAN NEUROTRANSMITER BEKERJA SEPANJANG SYARAF, MAKA HORMON  DILEPAS LEWAT DARAH, ZAT INI DILEPAS OLEH HIPOFISE DI OTAK BAGIAN DEPAN ATAS PERINTAH HIPPOTHALAMUS.

ZAT KIMIA DI DALAM OTAK INI BERFUNGSI MEMBAWA PESAN ANTAR SEL-SEL  SYARAF. 

ZAT-ZAT KIMIA PEMBAWA PESAN DI PRODUKSI KETIKA PESAN DARI OTAK HARUS DITRANS MISIKAN KE BAGIAN-BAGIAN LAIN.  HAMPIR SELURUH KEGIATAN OTAK MEMANFAATKAN NEURO TRANSMITER UNTUK MENYAM PAIKAN PESAN.

EFEK DILEPASNYA ASAM AMINO ADRENALIN (DISEBUT JUGA EPINEFRIN) ATAS PERINTAH OTAK  MENYEBABKAN TIMBULNYA  PERASAAN CEMAS  ATAU MARAH MEMUNCAK, MAKA  JANTUNG BERDENYUT LEBIH KENCANG BERDEBAR-DEBAR, BERKERINGAT DINGIN, KADANG-KADANG BADAN TERASA LEMAS.

PERSAAN GEMBIRA, SENANG DAN BAHAGIA DIPICU OLEH DILEPASNYA ASAM AMINO ENKE-FALIN.

TIMBULNYA PERASAAN MALAS DIPICU  OLEH MENINGKATNYA ASAM AMINO GABA,  JIKA KADARNYA MENURUN MAKA SESEORANG MAMPU BERGERAK TANGKAS TRENGGINAS.

PERASAAN SESEORANG KEHILA-NGAN MOOD-NYA, KURANG DAYA KONSENTRASINYA ATAU KURANG GAIRAH   DIPICU OLEH MENURUN NYA ASAM AMINO SEROTONIN.

SESEORANG YANG MENGALAMI KEGILA-GILAAN DISEBABKAN OLEH NOREPINEFRIN, SEROTO NIN DAN DOPAMIN YANG BEKERJA PADA SISTEM KOGNISI, SISTEM KOORDINASI GERAKAN OTOT DAN KEWASPADAAN SESEORANG.



CATATAN:  -  SUMBER:  AGUS MUSTAFA DALAM BUKU ”MENYELAM KE SAMUDERA JIWA DAN RUH”, SERIAL DISKUSI TASSAWUF MODERN,      2006.

Bengkulu,      Juni   2012


Ir. NAZAMUDDIN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar